Mohon tunggu...
mutmainah Emut
mutmainah Emut Mohon Tunggu... Guru - Wanita
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pengajar, Bloger, writer aktif di komunitas belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Motivasi Menulis dan Menerbitkan Buku

9 September 2022   20:59 Diperbarui: 9 September 2022   21:11 258 17 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semua orang punya tujuan dan motivasi ketika terjun ke dunia kepenulisan, entah itu untuk ketenaran atau dikenal orang, untuk menghasilkan uang, atau hanya untuk menyalurkan hobi saja. Semuanya tidak ada yang salah kembali kepada diri masing masing. Apa tujuannya menulis.

Saya pribadi menulis untuk mengembangkan kemampuan dalam menulis, karena selama ini kemampuan menulis saya zero, saya terkendala dengan miskinnya kosa kata karena literasi membaca yang kurang. Terus terang saya tidak hobi membaca. Saya terpacu ingin menulis ketika lihat postingan teman teman tentang buku antologinya yang sudah terbit. Jikalau nanti tulisan saya menghasilkan uang itu adalah bonus terindah yang wajib disyukuri. he...he....

Selama ini saya berpikir bahwa menulis itu sulit hanya bisa dilakukan oleh profesional dibidang kepenulisan, sekarang mindset saya mulai sedikit terbuka menulis ternyata bukan perkara passion atau tidak, namun merupakan kewajiban bagi semua orang yang berilmu dan berpendidikan untuk berkontribusi melalui rangkaian kata-kata apalagi seorang yang bertugas sebagai pendidik. Menulis tidak selalu berkaitan dengan hal-hal yang berat namun bisa juga menyampaikan nilai-nilai positif sederhana yang bisa diterapkan sehari-hari.

Yakinlah bahwa sependek apapun tulisan kita, jika memang itu ditulis dari hati yang paling dalam untuk menyebarkan manfaat, maka tulisan itu akan berguna bagi banyak orang.

Kuliah Online BM 27 malam ini membahas Motivasi Menulis dan Menerbitkan Buku oleh bapak Dail Ma'ruf M.Pd. Beliau lahir di Serang 13 Mei 1977 dari pasangan Muhamad Nur dan Juhariyah. MI dan MTs di Kabupaten Serang, melanjutkan di MAN 2 di Kota Serang lulus tahun 1996. Kuliah S1 di IKIP Jakarta atau UNJ lulus tahun 2003, Selesaikan S2 di UNINDRA Jakarta tahun 2014 dan menempuh S1 PGSD di STKIP Pelita Pratama Serang lulus 2019.

Menurut narasumber ada 16 kiat motivasi menulis yang harus diketahui dan dipraktikkan oleh penulis diantaranya ;

KIAT MOTIVASI MENULIS
1. Cari Tahu Tujuan Menulis
2. Ingat Tujuan Awal Menulis
3. Cari Tahu Manfaat Menulis
4. Atur Manajemen Waktu
5. Carilah Suasana Baru
6. Bergabunglah Dengan Komunitas Menulis
7. Mencari Wadah Menulis
8. Cobalah Membaca Karya Orang lain
9. Perbanyak Bahan Tulisan
10. Coba Menantang Diri Sendiri
11. Jangan Terlalu Mengharapkan Pujian
12. Jangan Terburu buru Menulis
13. Berfikir Positif Mengenai Tulisan
14. Jangan Memaksakan Diri
15. Jangan Membandingkan Diri Dengan Penulis lain
16. Perhatian Kesehatan

  • Maka intenlah dalam menulis... luangkan waktu. BUKAN nunggu waktu luang.
  • Kedua : Maka Arah atau tujuan jelas Ingin mahir nulis, maka ikuti Fatwa Guru besar BLOGER Indonesia Om Jay _ MENULISLAH SETIAP HARI, LALU LIHAT APA YANG TERJADI
  • Dan ketiga harus tekun, kudu allahumma paksakeun, jangan turuti males, capek dan sibuk, luangkan meski hanya 15 atau 30 menit untuk nulis setiap hari di Blog lalu posting


LANGKAH MENULIS BUKU
1. Langkah 1 Mulai saja. Mulai saat ini, bukan nanti. Buat Dead line. Jika ada 5 bab isi buku maka luangkan waktu 1 bab dua (2) hari, jadi 1 buku sepuluh (10) hari.Maka intenlah dalam menulis... luangkan waktu. BUKAN nunggu waktu luang.

2. Langkah kedua Fokus ketujuan Terbitkan Buku Solo : maka sesibuk apapun, secapek apapun, tetap kudu luangkan waktu untuk lanjutkan kerjaan proyek buku solo.

MANFAAT MENULIS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan