Mohon tunggu...
Mutia Widiastuti
Mutia Widiastuti Mohon Tunggu... mutia widiastuti

be better fot future

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Manfaat Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Pakaian di Pandemi Covid-19

17 April 2021   19:11 Diperbarui: 17 April 2021   19:14 71 0 0 Mohon Tunggu...

Dosen Pengampu : Sri Dewi Wahyundaru

Email : sridewi@unissula.ac.id

Mutia Widiastuti

Mahasiswa D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sultan Agung

Didunia yang sudah sangat maju perkembangan teknologinya dengan jaringan internet dan sosial media yang sudah meluas memudahkan sesseorang melakukan segala hal dengan muda,dengan memulai bisnis seseorang dapat melakukan penjualan dengan cara offline dan online di sosial media yang ada dan karena sekarang dalam keadaan wabah covid-19 banyak pembisnis yang mengalami kerugian dalam menjalankan usahanya. Hal ini membuat banyak pengusaha bisnis membataskan penjualan secara offline dan mulai lebih ke online.

 Sedangkan Covid-19  adalah virus terbaru yang pertama kali ditemukan di kota wuhan ,china dan menyebar keseluruh dunia,menyebabkan seluruh negara menutup akses dari luar negeri dan berdampak banyak kerugian yaitu melemahnya perekonomian yang ada didunia trmasuk di Indonesia. Menteri keuangan republic Indonesia mengatakan bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan mencapai 2,3%.bahkan jika dalam situasi terburuk,ekonomi Indonesia bisa minus hingga 0,4. Penyebab dari rendahnya pertumbuhan ekonomi Indonesia ini adalah turunnya minat konsumsi dan investasi masyarakat, baik dalam lingkup rumah tangga maupun lingkup pemerintah.

Maka dari itu dalam menjalankan bisnsi ini, perlu menerahkan SIA dalam menjalankan usaha, SIA adalah singkatan dari Sistem  informasi akuntansi, Sistem  informasi akuntansi adalah sebuah sistem yang pemproses data dan transaksi guna menghasilakan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan dan mengoperasikan. Dari SIA ini dapat membantu kita dalam mengelola bisnis usaha yang kita kelola. Adapun manfaat sistem informasi akuntansi dalam dunia usaha ialah

  • Memberikan informasi yang tepat dan akurat sehingga kegiatan utama bisa dilakukan dengan efektif dan efesien
  • Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produksi
  • Meningkatkan efesiensii
  • Meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan
  • Meningkatkan pengetahuan

Dari sinilah bisnis usaha akan berjalan dengan baik dengan memanfaatkan sistem informasi akuntansi yang ada. Didalam sistem informasi akuntansi memiliki 3 karakteristik yang dapat membantu kita dalam menjalankan bisnis usaha pakaian ditengah pandemi yang dilakukan secara online. Jika Semakin tinggi manajernya untuk perencanaan maka kita merencanakan usaha dengan matang sebelum memulai, dengan menargetkan penjualan,konsumen, dan keuntungan. Dan jika semakin kebawah manajernya untuk pengendalian maka kita harus mengendalikan usaha kita agar tetap konsisten dalam menjalan usaha dan mengendalikan agar tidak terjadinya kerugian yang besar. Yang kedua ada karakteristik data  disini semakin tinggi manajernya maka semakin global yaitu target konsumen yang meluas dan harga penjualan yang masuk ,dengan contoh target anak muda dengan begitu usaha akan memproduksi yang sesuai dengan yang kami targetkan dan juga melalui penjualan online ini penjualan lebih meluas karena pelalui aplikasi belanja seperti shopee, tokopedia dan lazada dan semakin rendah  manajernya makan semakin detail dalam menjalakan bisnisnya. Dan yang ketiga karakteristik link atau logika dimana semakin tinngi manejernya maka semakin ekstrenal dan semakin rendah menejernya maka semakin internal.

Jadi dalam mengelola usaha sistem informasi akuntansi sangatlah penting dalam mengontrol dan  membantu dalam menjalankan bisnis usaha,sehingga kita dapat mengatur segaa barang yang masuk dari supplier,penyimpanan dan keuangan akuntansi pada bisnis pakaian

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x