Edukasi

Ternyata Hubungan Fisika Sangat Erat dengan Kehidupan Kita Sehari-hari

1 Juni 2018   14:52 Diperbarui: 3 Juni 2018   22:27 638 1 0
Ternyata Hubungan Fisika Sangat Erat dengan Kehidupan Kita Sehari-hari
img-20180603-222204-5b1409605e137360683aee44.jpg

Whatttt...? Fisika sangat berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari? Kok bisa? Sebelum lebih lanjut ketahui dulu yuk apa itu FISIKA? Fisika adalah sains atau ilmu alam yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya. Yang berarti fisika suatu proses gejala alam yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Mau buktinya, salah satu contoh materi fisika apa yang berkaitan dengan kehidupan kita? Salah satu contohnya ialah HUKUM NEWTON III (Aksi = -Reaksi), kok bisa? Hukum Newton III ini disebut juga hukum timbal balik, What you get, is what you give. Apa yang kamu berikan, itu pula yang akan kamu dapatkan. Apa yang kamu tanam itulah yang akan kamu tuai.

Contoh kecilnya jika kita memberikan senyum kepada orang lain, maka orang lain akan membalas memberikan senyumnya kepada kita. Ini berarti, jika kita ramah, sopan,  dan menghormati orang lain, maka orang lainpun  akan ramah, sopan, dan menghormati kita.

Dan apabila, kita tidak bisa menghormati orang lain, maka orang lain tidak akan bisa menghormati diri kita.

Masih butuh bukti lagi? Kita bisa ambil materi GELOMBANG. Apa pengertian  Gelombang? Gelombang adalah suatu getaran yang merambat. Gelombang terdiri atas puncak dan lembah agar terciptanya satu gelombang, yang berarti satu gelombang terdiri dari satu puncak dan satu lembah. Seperti kehidupan , terkadang kita diatas (puncak) dan terkadang kita dibawah (lembah). Kehidupan bergerak seperti gelombang.

Itulah sebagian contoh keterkaitan ilmu fisika dengan kehidupan kita sehari-hari. Jadi pelajaran fisika bukan hanya sekedar pelajaran tentang menghafal rumus dan perhitungan yang membuat pusing tapi fisika juga diam-diam berkaitan dengan kehidupan kita. Menurut pembaca apalagi nih materi pembelajaran fisika yang berkaitan dengan kehidupan?