Mohon tunggu...
Setulis sekata
Setulis sekata Mohon Tunggu... Bercerita

merupakan tulisan pribadi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Aksi KKN Mahasiswa UNS dalam Langkah Memutus Rantai Persebaran Covid-19

10 Juli 2020   21:01 Diperbarui: 10 Juli 2020   20:52 25 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aksi KKN Mahasiswa UNS dalam Langkah Memutus Rantai Persebaran Covid-19
kolase - Dok. Pribadi

Sanggir, 15 Mei 2020 merupakan awal dimulainya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS), kegiatan ini dilaksanakan selama 40 hari, yaitu berupa program kegiatan yang dilakukan di Desa Sanggir,Paulan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar selesai pada tanggal 26 Juni 2020.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan oleh Mutia Shanaz Yumna (K8117044) dibawah bimbingan Prof. Dr. Samanhudi, S.P., M. Si., IPM. Kegiatan tersebut fokus pada program pelaksanaan pemahaman masyarakat terkait Covid-19, dimana diharapkan program tersebut dapat berdampak bagi masyarakat dalam menghadapi pandemi, sehingga masyarakat memiliki bekal dalam kaitannya pencegahan persebaran kasus baru.

Program pelaksanaan dengan tujuan dalam langkah memutus rantai persebaran covid-19 merupakan kegiatan yang membutuhkan kedekatan dengan warga masyarkat(Desa Sanggir), Warga Desa Sanggir menunjukkan respon yang positif terkait adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan sehingga pada saat melakukan komunikasi terjadi secara dua arah antara mahasiswa dengan warga yang saling bertukar pikiran.

Adapun beberapa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan, yaitu bagaimana proses persebaran virus Covid-19, pentingnya menjaga jarak dan cuci tangan, bagaimana langkah untuk menghadapi new normal, update jumlah kasus Covid-19 per satu minggu, cara mengurangi stress akibat #dirumahaja, tutorial membuat handsanitizermasker, ember pencuci tangan, cara menanam, pembuatan disinfektan hingga proses penyemprotan. Kegiatan tersebut dibagikan melalui penempelan poster pada mading desa, pemasangan MMT, video tutorial yang diunggah pada laman youtube, serta diskusi pada grup whatsapp Ibu-ibu arisan, dan melakukan penyemprotan disinfektan bersama-sama dengan warga. Program ini merupakan sebuah wujud kepedulian Universitas Sebelas Maret(UNS) dalam upaya turut serta membrantas kasus Covid-19.

Kontak: Mutia Shanaz Yumna ( mutiashanaz@student.uns.ac.id )

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x