Mohon tunggu...
Nurul Mutiara R A
Nurul Mutiara R A Mohon Tunggu... Freelancer - Anak Manajemen dan seorang Blogger di www.naramutiara.com

Seorang Perempuan penyuka kopi dan Blogger di http://www.naramutiara.com/

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech Pilihan

Manfaat Internet di Bidang ICT: Dari Menyelamatkan Nyawa, Melaporkan Tindak Kejahatan, hingga Menghubungkan Jarak

17 Juli 2022   23:20 Diperbarui: 17 Juli 2022   23:42 384 18 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

“Internet era kiwari bukan lagi sebatas kebutuhan tersier layaknya belasan tahun lalu, ia telah menjelma menjadi kebutuhan penting yang mampu menyelamatkan nyawa, melaporkan tindak kejahatan, hingga menghubungkan manusia tanpa limitasi

***

Belasan tahun lalu, tak ada yang menduga bahwa ICT bakal menjadi pionir dalam segala aspek kehidupan. Semenjak digitalisasi mulai digencarkan penggunaannya oleh pemerintah, berbagai hal mulai berubah.  

Muncul aktivitas-aktivitas baru yang memerlukan internet dan gadget untuk menghubungkan manusia satu dengan yang lainnya. Di Indonesia, penetrasi pengguna internet dan ponsel sendiri sudah menembus angka yang fantastis.

Data pengguna internet di Indonesia (Sumber : Hootsuite)
Data pengguna internet di Indonesia (Sumber : Hootsuite)

Bisa dilihat dari data Hootsuite di atas, dari total jumlah populasi masyarakat Indonesia yakni 274,9 Juta jiwa, terdapat 202,6 Juta orang telah terkoneksi internet. Uniknya, ada sekitar 345,3 juta ponsel yang terkoneksi dari total jumlah penduduk. Bisa jadi, tiap orang memegang lebih dari satu ponsel untuk menunjang aktivitas digital mereka.

Pada hakikatnya, angka ini memberi kabar gembira bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia telah memiliki akses terhadap internet sehingga digitalisasi segala bidang bisa terselenggara dengan baik, termasuk di bidang teknologi informasi atau ICT.

Manfaat-manfaat Internet di bidang Teknologi Informasi 

Ada banyak manfaat internet di bidang ICT atau Teknologi informasi. Namun melalui tulisan ini, aku akan mengurai 3 manfaat utama internet untuk menyelamatkan nyawa, melaporkan tindak kejahatan hingga menghubungkan jarak kala pandemi berlangsung,

Menyelamatkan nyawa dan Mitigasi Bencana

Senin, 23 Mei 2022 lalu, sebuah gelombang tinggi menerjang wilayah Kota Pekalongan. Gelombang tersebut menyebabkan beberapa tanggul jebol sehingga menyebabkan banjir rob dengan intensitas cukup tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan