Mohon tunggu...
MUTIARA KASIH
MUTIARA KASIH Mohon Tunggu... mahasiswa

S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Wow! Membuat Face Shield Mudah dan Murah Cegah Covid-19

8 Agustus 2020   21:52 Diperbarui: 8 Agustus 2020   23:51 32 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wow! Membuat Face Shield Mudah dan Murah Cegah Covid-19
Edukasi pembuatan face shield kepada ibu-ibu PKK


Wonosari, Semarang (19 Juli 2020). Taukah anda pentingnya pemakaian face shield? Ditengah kondisi pandemi covid-19 ini mahasiswa KKN Universitas Diponegoro tetap melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di domisili masing-masing. Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang peralatan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid19, Katarina Mutiara Kasih mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro mengadakan edukasi “Easy Do It Yourself Face Shield”  kepada masyarakat. 

Masih sedikit masyarakat yang memiliki kesadaran untuk memakai face shield ketika melakukan kegiatan di luar rumah. Hal tersebut dikarenakan harga face shield di pasaran kurang terjangkau, sehingga masyarakat enggan membelinya. Selain itu, bagi beberapa orang berpikiran bahwa face shield tidak terlalu penting serta mengganggu penampilan atau kurang nyaman dipakai. Pelaksanaan program edukasi ini tentunya sudah mengantongi persetujuan Ketua RT 01 RW 15 Wonosari, Ngaliyan, Semarang. Kemudian mulai dilakukan pembuatan brosur Pentingnya Pemakaian Face Shield dan tak lupa brosur cara pembuatan face shield itu sendiri.

Edukasi dilakukan melalui media video berisi cara pembuatan face shield dengan mudah dan murah. Video tersebut diunggah ke youtube lalu dibagikan lewat grup whatsapp warga setempat. Kemudian dilaksanakan juga edukasi secara langsung kepada ibu-ibu PKK RT 01 RW 15, Wonosari, Ngaliyan, Semarang. Edukasi dilaksanakan di salah satu rumah warga yang tentunya mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, Mutiara juga membagikan bahan untuk pembuatan face shield kepada warga secara door to door. Diharapkan masyarakat dapat mempraktikan langsung edukasi yang telah diterima.

Edukasi secara door to door dan membagikan bahan membuat face shield
Edukasi secara door to door dan membagikan bahan membuat face shield
Program edukasi “Easy DIY (Do It Your self) Face Shield” ini diharapkan dapat membuka pikiran masyarakat bahwa selain masker, face shield juga perlengkapan penting dalam protokol kesehatan. Kemudian masyarakat dapat membuat face shield hasil karyanya sendiri yang bisa dipakai saat melakukan kegiatan di luar rumah.

#kkntimiiperiode2020 #p2kkn #lppmundip #undip

VIDEO PILIHAN