Mohon tunggu...
mutiara jamalia
mutiara jamalia Mohon Tunggu... akun baru

bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kok Bisa Mengigau, ya?

18 Juni 2021   15:35 Diperbarui: 18 Juni 2021   17:14 47 1 0 Mohon Tunggu...

Oleh Mutiara Jamalia

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Halo teman teman semua.. ini tulisan pertama aku di kompasiana semoga kalian enjoy

Nah teman teman sebenarnya tau gak sih arti dari mengigau itu apa ???? kalo orang jawa si biasanya menyebut dengan sebutan 'ngelindur' atau mengigau atau biasa juga disebut dengan sleeptalking. Mengigau merupakan gangguan tidur yang dapat terjadi dalam setiap tahap tidur. Isi igauan bisa melibatkan dialog yang rumit atau monolog, omong kosong, atau hanya sekedar bergumam. Sebagian besar masyarakat mempercayai bahwa isi igauan dalam tidur merupakan pelampiasan perasaan yang terpendam.

Mengigau adalah gejala yang terjadi saat kondisi seseorang masih setengah sadar. Salah satu kondisi ini merujuk pada seseorang yang berbicara saat tidur. meskipun tidak dianggap sebagai masalah kesehatan kondisi ini bisa mengganggu orang yang disekitar mendengarnya. Mengigau bisa terjadi pada siapa saja dan sekitar 5% terjadi pada anak-anak dan orang yang berusia 25 tahun keatas.

Biasanya mengigau tidak berlangsung selama 30 detik per episode. Pada orang yang sering mengigau, episode ini dapat terulang beberapa kali dalam satu siklus tidur. Mengigau juga termasuk jenis paramsonia yaitu perilaku abnormal yang terjadi saat tidur. Lalu, apa saja yang menyebabkan orang mengigau saat tidur ??? apa yang biasa dikatakan saat orang mengigau ???

Mengigau dilakukan tanpa sadar sehingga mungkin anda khawatir apa yang anda katakan saat mengigau, apakah anda akan membicarakan rahasia besar yang anda simpan ? tenang saja.. biasanya saat orang mengigau tidak ada kata yang menarik. Kebanyakan ucapan yang keluar saat mengigau hanya sedikit, singkat, dan tidak masuk akal. Mengigau biasanya hanya berlangsung sebentar dan cepat, hanya beberapa detik. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan di Prancis melaporkan bahwa saat mengigau di malam hari mungkin lebih buruk daripada saat terbangun, biasanya keluar kata-kata makian atau tidak. Penelitian tersebut dilakukan oleh 230 orang dewasa selama 1 atau 2 malam berturut- turut. Para peneliti mencatat sampai 900 ucapan orang mengigau setiap malam.

Apa yang menyebabkan orang mengigau saat tidur ? melansir psychology today, faktor penyebab orang mengigau yang paling sering adalah gangguan perilaku REM (rapid eye movemoent), stress, depresi, kurang tidur, mengantuk berlebih, minum-minuman beralkohol, dan bahkan demam disiang hari. Selain itu, mengigau bisa terjadi karena faktor-faktor fisik dan psikologi lainnya. Mengigau juga bisa terjadi sambil berjalan dalam tidur dan apapun yang ada hubungan dengan gangguan tidur lainnya.

Jadi teman teman semua disini aku bakalan bahas salah satu penyebab mengigau yaitu gangguan perilaku REM (rapid eye movement). Nah sebelumnya kalian Ada yang tau gak sih sebenarnya gangguan perilaku REM itu apa ?? jadi gangguan perilaku tidur REM adalah gangguan saraf di mana seseorang tidak mengalami paralisis saat tidur REM dan karenanya melaksanakan mimpi.

Jadi untuk teman-teman yang punya salah satu faktor penyebab di atas dan kerap mengigau atau sleeptalking, atasi segere ya jangan sampai lengah.

Tips untuk menghilangkan kebiasaan mengigau saat tidur:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN