Mohon tunggu...
Mutiara AH
Mutiara AH Mohon Tunggu... -

someone who never falling doesn't know what is rissing

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Ayo Wisata ke Semarang, Gua Kreo

21 Desember 2014   23:28 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:47 695
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

“Bosen nih di Semarang wisatanya Mall terus, ada yang berbau alam nggak?” tanyaku pada teman.

“Ehm, kemana ya? Oh, Gua Kreo aja gimana?” jawab temanku.

“Gua Kreo? Ada gua ya di Semarang?”

Siapa bilang wisata di Semarang hanya berbau Mall dan Cafe mahal. Wisata bersejarah dan alam pun bisa kalian temui disini, salah satunya adalah Gua Kreo. Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang pernah mendengar tentang tempat ini, namun sebagian masih ada yang asing dengan salah satu tempat wisata alam ini.

Sejarah

Konon ceritanya, asal mula nama Gua ini adalah saat Sunan Kalijaga ingin membawa kayu ke Demak, namun ditengah perjalanan kayu tersebut tersangkut, sehingga Sang Sunan pun bersemedi dipuncak bukit. Hingga akhirnya datanglah 4 ekor kera berwarna merah, kuning, hitam dan putih yang hendak menolong Sunan Kalijaga. Keempat ekor kera tersebut pun menolong Sunan, namun karena kayu tetap terjepit, akhirnya kayu dipotong menjadi dua, satu bagian berhasil dibawa ke Demak, satu bagian lagi jatuh.

Sebenarnya, keempat kera ini ingin ikut Sunan, namun beliau tidak mengijinkan dan meminta keempat kera untuk tetap disini dan menjaga/merawat tempat ini yang dalam bahasa jawa disebut “ngreo”, sehingga jadilah tempat ini disebut sebagai Gua Kreo.

1419153866273360661
1419153866273360661

Tiket Masuk

Harga tiket sangat bersahabat dikantong. Cukup dengan Rp 2500; /orang dan parkir kendaraan roda dua Rp 1000; dihari biasa, kalian dapat menikmati tempat ini.

Akses

Sebenarnya untuk menuju ke tempat ini cukup mudah. Gua Kreo tak jauh dari pusat kota Semarang. Kalian hanya perlu mengambil jalan menuju daerah sampangan (atau Sampokong) kalian sudah dapat menemukan petunjuk jalan ke arah Gua Kreo.

Membaur dengan Bendungan Jatibarang

14191539791201340319
14191539791201340319


Tak hanya menemukan Gua dan penghuninya (kera), disini teman-teman juga akan menemukan panorama Bendungan Jatibarang. Sepeti bendungan pada umumnya, keindahan riak air membaur dengan alam disekitarnya. Apalagi terlihat kera-kera liar yang berkeliaran di sekitar jembatan dibendungan ini. Maklum, sesuai sejarah, Gua Kreo memang dihuni oleh kera, jadi jangan heran jika kalian akan menemukan banyak kera disini. Mungkin bisa dijadikan pertimbangan, kalian harus berhati-hati jika membawa makanan, bisa-bisa makanan kalian “dijambret” kera-kera ini hehehe. Yap saya rasa cukup sekian sedikit curhatan tentang Gua Kreo. Termasuk tempat wisata alam yang recommended di Semarang. Selamat berkunjung.(Mumu)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun