Mohon tunggu...
Mutiara Fhatrina
Mutiara Fhatrina Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis, Berkarya, Bermanfaat

my personal blog www.mutiarafhatrina.com bookstagram @bibliomutiara

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Mengenali Penerbit Mayor untuk Mewujudkan Buku Impianmu Terbit

30 November 2021   13:50 Diperbarui: 30 November 2021   14:15 108 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: pinterest/travelcharm.com.au

Bagi anda yang sedang merintis pengalaman di dunia tulis-menulis, tentu salah satu cita-cita terbesarnya adalah dapat menerbitkan buku sendiri. 

Perasaan senang, bangga, dan terharu tentunya ada jika buku hasil karya kalian dapat terpajang dalam rak-rak toko buku, apalagi menjadi salah satu buku dengan penjualan terbaik alias buku best sellers. 

Namun tentunya perjalanan menerbitkan buku tak semudah menulis status di sosial media atau berbagi cerita dan pengalaman di kompasiana ini, yang bisa langsung terbit dan dibaca khalayak ramai. Perlu belajar, dan banyak belajar lagi untuk dapat mengantarkan satu karya tulismu bisa terbit. 

Salah satu pengetahuan dasarnya tentu saja, mengetahui apa itu penerbit, apa saja jenis penerbitan yang ada di Indonesia, dan penerbit apa yang bisa menerima naskahmu. Saatnya membahas satu persatu tentang penerbit. 

Apa itu Penerbit? 

Penerbitan adalah serangkaian proses pembuatan dan pendistribusian buku ataupun surat kabar yang dilakukan oleh sebuah industri yang fokus didalamnya. Industri, lembaga, atau badan usaha yang bergerak dalam bidang penerbitan inilah yang disebut dengan penerbit. 

Jenis Penerbitan

Di Indonesia secara umum kita mengenal 2 gaya penerbitan yang di tawarkan oleh badan usaha yang bergerak dalam bidang tersebut. Yang pertama adalah penerbitan secara umum, biasanya dalam hal ini juga disebut sebagai penerbit mayor

Dimana dalam penerbit mayor, penulis mengirimkan naskah yang dimilikinya untuk dapat direview oleh editor, kemudian proses percetakan dan pendistribusian buku dilakukan oleh penerbit. 

Disini, penulis mendapatkan jatah yang disebut dengan royalti. Besaran royalti bergantung pada kebijakan yang dimiliki oleh penerbit, namun biasanya tak jauh dari rentang 7-10% dari harga bruto buku yang beredar dipasaran. 

Mengirim naskah untuk dapat diterbitkan oleh penerbit mayor tentu saja bukan pekerjaan mudah. Naskah yang anda miliki harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan naskah yang masuk dari penulis lainnya. 

Oleh karena itu, penerbit melalui editornya biasanya memberikan jangka waktu untuk bisa mereview naskah yang dikirimkan. Jangka waktu menunggu? Anda bisa menunggu kabar dari editor dalam kurum waktu 3-6 bulan, bergantung pada cepat atau lambatnya editor dalam mereview semua naskah yang masuk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan