Mohon tunggu...
Mutiara Asih Pamungkas
Mutiara Asih Pamungkas Mohon Tunggu... -

Akuntansi Manajemen Pemerintah - Politeknik Negeri Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

E-Billing, Obat Malas untuk Para Wajib Pajak

7 Juni 2016   22:13 Diperbarui: 7 Juni 2016   22:20 620 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Gambar : www.bisnis.liputan6.com

Kita hidup di negara hukum, di mana peraturan-peraturan dibuat secara rinci dan mendalam agar masyarakatnya taat dalam berperilaku. Mungkin, hal ini belum sepenuhnya terlaksana di indonesia. Buktinya saja, masih banyak kalangan yang seakan acuh dengan kehadiran hukum dan seolah menutup mata dan telinga terhadap peraturan yang sudah ditetapkan.

Salah satu yang menjadi perhatian saya adalah tentang pembayaran pajak yang masih dianggap sepele oleh sebagian orang. karena itulah, banyak juga masyarakat yang akhirnya terpaksa tidak membayar pajak. Beberapa hari lalu pun saya membaca artikel di kompasiana tentang malasnya masyarakat indonesia untuk membayar pajak. miris memang, padahal pajak sendiri adalah sesuatu yang kita berikan untuk negara yang nantinya akan kita nikmati sendiri.

Ada yang bilang kalau bayar pajak itu sulit prosesnya, harus ngantri, belum lagi akan memakan waktu yang lama. padahal, pemerintah sendiri yaitu dari direktorat jendral pajak sudah membuat inovasi baru dalam pembayaran pajak seperti meluncurkannya e-billing, yaitu suatu sistem online yang bisa memudahkan kita membayar pajak dan cukup menggunakan ATM saja untuk pembayarannya.

Jika dulu menyetor pajak membutuhkan Surat Setoran Pajak, namun dengan adanya e-Billing, Wajib Pajak tidak memerlukan waktu yang lama untuk menyetor pajak, cukup memerlukan device dan internet. Dikutip dari http://www.pajak.go.id/e-billing, keuntungan yang didapat dari penggunaan e-billing ini di antaranya adalah:

Lebih Mudah

Wajib pajak pun tidak perlu membawa lembar SSP (Surat Setoran Pajak) ketika hendak membayar pajak. Dengan menggunakan e-billing, yang perlu dibawa hanyalah sebuah catatan kecil yang berisi kode billing ketika melakukan transaksi pajak. Anda hanya tinggal menunjukkan kode ini ke teller, lalu pembayaran pun akan segera di proses.

Jika anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu di teller karena ada kemungkinan akan mengantri, anda bisa juga menggunakan ATM dan internet banking untuk alternatif pembayaran yang nantinya hanya tinggal memasukkan kode billing tadi.

Lebih Cepat

Jika anda membayar melalui teller, teller tidak perlu repot-repot memasukkan data pembayaran pajak anda. Datanya sudah otomatis ada ketika memeriksa kode billing. Sehingga, waktu untuk pembayaran pun akan lebih cepat.

Lebih Akurat

Sistem akan membimbing Anda dalam pengisian SSP elektronik dengan tepat dan benar sesuai dengan transaksi perpaiakan Anda, sehingga kesalahan data pembayaran seperti Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran, dapat dihindari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan