Mohon tunggu...
Mutia AH
Mutia AH Mohon Tunggu... Administrasi - Penyuka fiksi

Fiksi adalah petualangan tanpa batas. Menulis fiksi bukan berarti mendramatisir kehidupan, tetapi mencari hikmah dari setiap kejadian.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Rajin Cuci Muka, Langkah Awal Membuat Jerawat Minggat

18 Oktober 2021   09:25 Diperbarui: 18 Oktober 2021   16:25 142 22 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi cuci muka, langkah awal membuat jerawat minggat. Sumber: ThinkstockPhotos via Kompas.com

Berbanding terbalik dengan kebanyakan orang, yang dulunya wajahnya bersih kini berjerawat. Maka saya mengalami hal sebaliknya. Dulu ketika masih SMP (memasuki masa pubertas) jerawat hampir memenuhi jidat dan kulit daerah T juga kering parah. Namun sekarang jarang sekali jerawatan, hanya sesekali itu pun saat datang bulan.

Masih ingat betul. Dulu saya menghindari makan kacang tanah karena takut jerawat bertambah banyak.  Hal itu saya lakukan hampir setahun lamanya. 

Sepengetahuan saya waktu itu, mengkonsumsi kacang bisa memperbanyak produksi minyak. Mau tidak mau saya memilih tidak makan kacang rebus padahal orang tua kerap panen raya saat musimnya tiba.

Seiring bertambahnya usia, pengetahuan pun bertambah. Meskipun tidak mengenal skincare tetapi merawat diri dengan cuci muka ternyata cukup ampuh membuat jerawat minggat. 

Hingga saat ini kebiasaan cuci muka menjadi rutinitas wajib sebelum tidur. Sebab jika tidak cuci muka, bisa dipastikan jerawat datang tanpa diundang.

Jika tidak menolak dibilang terlambat, saya mengenal skincare ketika sudah masuk usia dua puluh. 

Meskipun demikian rajin cuci muka sudah saya lakukan dari remaja. Intinya menjaga kulit wajah tetap bersih adalah hal yang wajib dilakukan. Karena cuci muka adalah langkah awal untuk mendapatkan kulit sehat terawat. 

Sebagus apapun produk skincare yang digunakan, tidak akan bisa mendapatkan hasil maksimal. Jika dipakai saat kulit wajah dalam keadaan kotor. 

Cuci muka adalah perawatan yang paling mudah dan hampir semua orang melakukannya. Namun tidak semua orang mengetahui cara cuci muka yang benar. Asal dibilas pakai air dan sabun mandi seadanya.

Cuci muka pakai sabun mandi? Emang boleh?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan