Mohon tunggu...
mutia azzahra
mutia azzahra Mohon Tunggu... Administrasi - Seorang Mahasiswi Sastra Indonesia

Hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Pentingnya Penggunaan Bahasa dengan Tepat

2 November 2022   23:39 Diperbarui: 2 November 2022   23:46 253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa merupakan suatu alat komunikasi yang dimiliki manusia yaitu berupa sistem lambang bunyi yang berasal dari alat ucap atau mulut manusia. Bahasa biasa digunakan oleh kita dikehidupan sehari-hari sehingga kita dapat berkomunikasi dengan manusia lainnya, bisa melalui kata dan juga gerakan. 

Beberapa orang berbicara mengenai bahasa warna, bahasa bunga, diplomasi, dan lainnya. Bahasa juga memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, dengan bahasa seseorang dapat menyampaikan ide, pikiran, perasaan kepada orang lain baik secara lisan maupun tulisan.

Berbahasa dengan tepat berarti kita berbahasa dengan baik dan sesuai pada tempatnya. Sikap berbahasa merupakan faktor pendukung dalam mengoptimalkan peran dan kedudukan bahasa indonesia sebagai penguat jati diri bangsa. Berbahasa degan tepat dapat dilihat dari tempatnya, contohnya sebagai berikut :

a. Berbahasa saat Meeting atau Rapat           

            Berbahasa disaat meeting harus menggunakan bahasa yang formal, sopan, baku dan tidak menggunakan bahasa gaul. Perlu diperhatikan bahasa informal ada baiknya tidak  digunakan saat berbincang soal bisnis atau saat ada di lingkup pekerjaan.

b. Berbahasa saat bersama teman

            Komunikasi merupakan kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan komunikasi, kita dapat menyampaikan suatu pesan terhadap teman kita. Saat bersama teman biasanya kita menggunakan bahasa yang bebas atau gaul. Tidak perlu memperhatikan bahasa yang sopan seperti saat kita berbicara dengan orang yang lebih tua.

c. Berbahasa saat bersama orang yang lebih tua

            Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita tidak jauh dari orang tua. Karena memang kita tinggal satu rumah. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam berbicara, jangan sampai kita menyinggung perasaannya, memanggil dengan sebutan yang aneh dan berbicaralah dengan jelas.

d. Berbahasa saat berhadapan dengan Guru atau Dosen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun