Mohon tunggu...
Mutia
Mutia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya menyukai Langit luas dan berkebun. Saya suka memandang Langit yang dipenuhi kerlap-kerlip Bintang dan sinar terang Bulan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Pemimpin dalam Pemberdayaan Sumber Daya

13 Mei 2023   00:11 Diperbarui: 13 Mei 2023   00:13 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 (Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya)

Tujuan Pembelajaran Khusus :

  1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  2. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
  3. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  4. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

           Demonstrasi kontekstual modul 3.2 adalah menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid. Dalam menganalisis video ini, calon guru penggerak (CGP) kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan tahapan BAGJA yang telah dipelajari pada modul sebelumnya. Untuk menganalisis video disediakan pertanyaan-pertanyaan pemantik yang berguna untuk memudahkan dalam menganalisis video tersebut.

          Berdasarkan video praktik baik yang ditonton dapat diketahui bahwa ada kolaborasi antar rekan sejawat. Kolaborasi tersebut dalam bentuk praktik coaching dimana guru yang melakukan praktik baik bertindak sebagai coachee yang membicarakan masalahnya dengan rekan sejawat yang bertindak sebagai coach. Sehingga dengan coaching yang dilakukan membuat coachee menemukan kekuatan dirinya dan melakukan perubahan di kelas dengan memanfaatkan aset yang ada di sekolah.

          Hal yang pertama dilakukan oleh guru pada video adalah mengajak rekan sejawat untuk merumuskan pertanyaan utama dan prakarsa perubahan yang akan dilakukan. Dari hasil kolaborasi tersebut guru memutuskan untuk melakukan perubahan pada kelas yang dipegang olehnya, yaitu membuatnya menjadi nyaman dan menyenangkan. Kemudian guru melakukan eksekusi di kelas dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk menggali informasi dan pendapat serta pengalaman murid.

          Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah mengajak murid untuk mengambil pelajaran dari kelas lain untuk menambah inspirasi kelas yang membuat semangat. Selanjutnya, membuat daftar yang akan dilakukan untuk kelas yang nyaman. Kemudian murid diberi kesempatan berkontribusi untuk menentukan pembagian tugas dalam kelompok. Langkah yang terakhir adalah melakukan perubahan pada kelas yang mereka tinggali supaya menjadi kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.

          Selanjutnya, menjawab pertanyaan pemantik yang ada di LMS sebagai berikut :

Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

           Berdasarkan tayangan video, saya menyimpulkan bahwa visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi adalah "mewujudkan murid yang kreatif, berkharakter, Bahagia, dan bertanggung jawab." Hal ini dapat diketahui dari guru yang membiarkan siswa menemukan sendiri apa yang mereka ingin lakukan untuk kebaikan mereka untuk kemudian juga menjadi pihak yang secara mandiri melakukan perubahan yang diinginkan walau masih dengan bimbingan guru. Namun, dengan pembiasaan yang terus dilakukan di sekolah maka akan membuat murid menjadi pribadi yang kreatif, mandiri, Bahagia, dan bertanggung jawab di masa yang akan datang.

Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

           Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video adalah "mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar." Guru dalam tayangan video ingin membuat kelas yang tersebut menjadi kelas yang menyenangkan. Berdasarkan video dapat dilihat bahwa kelas yang akan dirubah memang kurang menarik, dinding masih kosong tanpa tempelan karya siswa dan rak buku yang belum sesuai harapan. Apalagi setelah melihat kelas lain, maka perbedaan antara kelas tersebut dengan kelas lain semakin terlihat jelas perbedaannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun