Mohon tunggu...
Muthia Hafidza
Muthia Hafidza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo saya Muthi'a Hafidza, mahasiswa UIN Jakarta Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Selanjutnya

Tutup

Diary

Tugas Deskripsi

1 Oktober 2022   14:57 Diperbarui: 1 Oktober 2022   15:01 32 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Halo teman-teman disini aku mau ngasih tau nih tutorial membuat telor dadar dan pembuatan tempe, yang pertama, proses pembuatan telor dadar sangat mudah. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan terlebih dahulu seperti, telor, minyak, garam, daun bawang, bawang putih, bawang merah. 

Panaskan minyak terlebih dahulu setelah itu, Potong-potong daun bawang, bawang merah, bawang putih hingga kecil. pecahkan telor ke dalam mangkok dan aduk perlahan sampai berbusa. Setelah berbusa tambahkan sedikit garam dan masukkan bahan-bahan yang sudah di potong-potong tadi kedalam mangkok berisi telor yang sudah di aduk sampe berbusa. 

Setelah menunggu minyak panas, tuang telor kedalam wajan, masak hingga matang dan jangan lupa di bolak-balik agar tidak gosong. Setelah matang angkat dan tiriskan ke piring, telor dadar siap dihidangkan dengan nasi, ditambah kecap dan kerupuk agar tambah nikmat.

Nah ada satu lagi nih yaitu, proses pembuatan tempe terhitung sederhana dan sangat mudah. Pertama-tama, cuci dahulu kacang kedelai yang hendak diolah menjadi tempe. Rendam tempe dalam air selama 13 sampai 18 jam, lalu kupaslah kulitnya. Setelah itu, kedelai dibilas dan direbus kembali dengan air. 

Setelah selesai, tiriskan kedelai di atas tampah lalu masukkan ragi ke dalam biji kedelai secara merata. setelah merata, masukkan campuran kacang kedelai dengan ragi itu ke dalam daun pisan atau kantong plastik dengan ketebalan sesuai dengan selera. 

Simpan tempe selama 2 hari di dalam tempat yang gelap, hingga kacang kedelai yang akan menjadi tempe itu pun tertutupi oleh jamur halus berwarna putih.

Mungkin segitu dulu teman-teman tutorial dari aku, semoga membantu ya teman-teman, tungguin tutorial-tutorial selanjutnya dari aku ya, Terimakasih.

Muthi'a Hafidza (11220510000117)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan