Mohon tunggu...
Muthia TrianaDewi
Muthia TrianaDewi Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Andalas

Mahasiswi Universitas Andalas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Asal Usul Nama Minangkabau

9 Maret 2021   16:48 Diperbarui: 9 Maret 2021   17:26 51 1 0 Mohon Tunggu...

Asal Usul Nama Minangkabau

Sejarah nama Minangkabau barangkali memang memiliki beberapa versi, dikarenakan pada zaman dahulu asal-usul nama Minangkabau hanya diceritakan dari mulut ke mulut hingga sekarang dituliskan di dalam Tambo Minangkabau.

Dalam Tambo Minangkabau diceritakan bahwa pada zaman dahulu datanglah suatu rombongan asing yang memiliki senjata lengkap, dan tampak gagah berani serta berkeinginan untuk menguasai negeri mereka. Rombongan asing ini diketahui berasal dari Kerajaan Majapahit dan berseru untuk diadakannya adu senjata. Namun, untuk mencegah terjadinya adu senjata, pihak Minangkabau menawarkan sebuah ide, yaitu dengan beradu teka-teki, yang mana pada kesempatan ini dimenangkan oleh pihak Minangkabau.

Karena kekalahan tersebut, pihak lawan menjadi tidak senang dan merekapun datang kembali dengan membawa seekor kerbau betina yang sangat besar, lalu menantang untuk diadakannya adu kerbau dengan janji bahwa jika kerbau mereka menang maka Minangkabau akan mereka kuasai, dan jika sebaliknya maka seluruh barang yang ada di dalam kapal mereka akan menjadi milik Minangkabau. Tantangan itu akhirnya diterima oleh pihak Minangkabau dengan syarat meminta tujuh hari agar bisa mempersiapkan tantangan tersebut.

Setelah tujuh hari, merekapun melaksanakan adu kerbau, yang mana pada awalnya banyak orang dibuat terheran-heran dengan kerbau yang dimiliki oleh pihak Minangkabau. Kerbau tersebut hanyalah seekor anak kerbau kurus yang haus akan menyusu dan dikepalanya dipasangkan tanduk besi bercabang sembilan, dan diketahui pula bahwa tanduk besi tersebut bernama minang.

Dengan kecerdasaan pihak Minangkabau tersebut akhirnya mereka memenangkan tantangan adu kerbau dan berhasil mengambil barang-barang pihak lawan sesuai janji di awal tadi.

Karena kemenangan itu daerah tersebut dinamakan Minangkabau, yang merupakan gabungan dari dua kata, yaitu minang dan kabau. Minang juga berarti menang dan kabau berarti kerbau, maka Minangkabau juga bisa diartikan sebagai menang kerbau. Setelah itu, bentuk atap rumah Gadang, dan bangunan lainnya mulai berbentuk tanduk kerbau.

Sekianlah asal usul nama Minangkabau yang memiliki makna dan cerita dibaliknya. Terima kasih.

VIDEO PILIHAN