Mohon tunggu...
MUTHIA ATHIRA KURNIA
MUTHIA ATHIRA KURNIA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sosiologi FIS UNJ

“The future depends on what you do today”

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Meningkatkan Kepercayaan Warga RW 009, Kelurahan Bidara Cina Terhadap Pentingnya Vaksinasi di Masa Pandemi Covid-19

17 Mei 2022   11:01 Diperbarui: 17 Mei 2022   11:04 67 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Vaksinasi atau Imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin Covid-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini. Meskipun tidak 100% bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat Covid-19. Selain itu, vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok.

Berdasarkan observasi secara langsung melalui wawancara bersama Ketua RW 009, Bidara Cina, menyatakan bahwa tingkat vaksinasi merupakan salah satu permasalahan yang ada di RW 009 wilayah kelurahan Bidara Cina. Wilayah RW 009 masih termasuk zona kuning (zona resiko rendah), karena para warga RW 009 masih banyak yang belum melaksanakan vaksinasi. Sedangkan, program vaksinasi merupakan program pemerintah yang sangat dianjurkan untuk diikuti. 

Namun pada kenyataannya banyak warga RW 009 yang menolak vaksinasi, dikarenakan mereka tidak percaya terhadap vaksin. Krisis kepercayaan terhadap vaksin ini akibat banyaknya masyarakat yang termakan berita hoax tentang vaksin. Penyebab lain rendahnya vaksinasi di RW 009 Bidara cina, yaitu karena vaksin yang diberikan tidak tepat sasaran, seperti sudah terdapat program vaksin yang ditujukan kepada warga RW 009 tetapi yang mendaftar vaksin justru warga dari wilayah lain.

Untuk mengatasi permasalahan yang ada diperlukan perluasan program vaksin dalam meningkatkan vaksinasi di wilayah RW 009 Kelurahan Bidara Cina. Organisasi yang ada di RW 009, seperti Karang Taruna dan PKK perlu memperluas program, yaitu dengan melakukan kampanye vaksinasi. Kampanye ini dapat dilaksanakan dengan pemasangan 100 spanduk di beberapa sudut jalan dan penyebaran brosur. 

Adapun spanduk yang dipasang dapat berisi himbauan dan ajakan kepada masyarakat, khususnya masyarakat RW 009 Bidara Cina untuk selalu melindungi diri dan keluarga dari virus Covid-19 dengan mengikuti vaksinasi Covid-19 serta tidak terprovokasi dengan berita hoax tentang vaksin Covid-19 dan himbauan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Selain itu panitia vaksinasi juga akan melakukan sosialisasi dan pendekatan dengan mengunjungi rumah warga satu per satu, serta menyebarkan brosur mengenai manfaat vaksinasi dan meluruskan berita-berita hoax agar masyarakat tidak takut vaksin.

Referensi

Alodokter. (2021). Alasan Pentingnya Vaksinasi dan Efektivitasnya dalam Memutus Penularan COVID-19.  Tersedia di: https://www.alodokter.com/alasan-pentingnya-vaksinasi-dan-efektivitasnya-dalam-memutus-penularan-covid-19 (Diakses pada: 17 Mei 2022).

Devi, P.K., Intan.L. (2020). Program Kampanye Humas Puskesmas Kecamatan Palmerah Dalam Upaya Preventif Bahaya Campak Dan Rubella Di Masyarakat. Jurnal BSI.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan