Mohon tunggu...
Mustofa Pasya
Mustofa Pasya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

Selamat datang di Artikel saya selamay membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI dalam Upaya Pemaksimalan Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran dan Pertemuan

30 Juli 2021   18:39 Diperbarui: 30 Juli 2021   19:47 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi Covid-19 sudah melanda dunia salah satunya Indonesia yang sudah lebih dari selama 1 tahun, yang menyebabkan pemerintah melarang masyarakat untuk tidak berpergian dan harus dirumah saja, tentunya dengan aturan tersebut membuat banyak perubahan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan banyaknya aturan yang dibuat perlunya adanya kebiasan-kebiasaan baru seperti bekerja dirumah, sekolah di rumah dan lain sebagainya. Aktifitas belajar mengajar menjadi online (daring) yang saat ini kita ketahui dengan sebutan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)  dari rumah sehingga siswa dan guru tidak bisa bertemu secara tatap muka (Luring) di sekolah.

Adapun yang menjadi landasan adanya kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring ini menurut Tentunya daring ini sudah menjadi keputusan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan. Berdasarkan  Surat keputusan Mendikbud No. 3 Tahun 2020, tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan dan Surat Mendikbud No. 46962/MPK.A/HK/2020, tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada Perguruan Tinggi dengan alasan untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19 ini, dalam pelaksanaanya pembelajaran daring ini dilakukan oleh berbagai tingkatan jenjang pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai dengan tingkat perguruan tinggi.

Munculnya tantangan-tantangan Covid-19 diantaranya Pandemi Covid 19 merubah gaya hidup dan kondisi perilaku keseharian, termasuk belajar; belajar daring salah satu strategi pembelajaran yang dilakukan saat ini; ketersediaan sumber belajar dan Saranya penddukung (jaringan/kesiapan materi digital, dll.); kesiapan sumber belajar, utamanya siswa, guru, orang tua, dan sekoalh untuak memastikan siswa tetap belajar dalam kondisi yang  nyaman pada berbagai situasi dan kondisi yang ada.

Berkenaan dengan hal tersebut perlu adanya peningkatan penggunaan aplikasi belajar, baik yang kita ketahui pembelajaran daring bisa digunakan melalui berbagai aplikasi diantaranya Whatsapp, Youtube, Google Class Room, Google Meet, Zoom meeting dan sebagainya. Oleh karena itu penggunaan-penggunaan aplikasi pembelajaran ini perlu dimaksimalkan, bukan hanya sebgai media pembelajaran biasa. Namun masih banyak yang belum bisa baik siswa maupun Guru yang bisa memaksimalkan penggunaan fitur yang yang tersedia dalam aplikasi pembelajaran ini.

Zoom merupakan Zoom adalah aplikasi konferensi video atau video conference yang bisa Anda gunakan di beragam perangkat media, seperti ponsel, laptop, telepon, dan lain-lain. Zoom mampu mengampu video conference sampai 100 users dengan batas waktu hingga 40 menit di setiap sesinya. Semenjak metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) penggunaan aplikasi semacam zoom ini meningkat. aplikasi Zoom juga menjadi media sosial populer untuk berkomunikasi jarak jauh selama pandemi ini. Gen Z dan Milennials banyak berkomunikasi via Zoom untuk bertemu teman, atau sekedar saling menghibur dengan menggunakan mim di Zoom.

Selaras dengan hal tersebut, Universitas Pendidikan Indonesia melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Termatik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada masa pandemik Covid -- 19. yang bertujuan untuk menanggulangi dampak dari pandemic Covid-19 ini. 

Berdasarkan pengalaman lapangan hasil dari Kegiatan KKN TEMATIK MDBPE-MBKM UPI di SMP Kartika XIX-2 Bandung, ternyata masih banyak sekali tenaga pendidik maupun tenaga kependididkan yang belum mengetahui akan hal tersebut. Sehingga Kami memfasilitasi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) disekolah tersebut. Dengan adanya edukasi kepada pihak sekolah mengenai salah satu aplikasi pembelajaran ini seperti Fitur Zoom Rooms, Mengadakan Online Webinar dan perwalian orangtua melalui webinar zoom, melakukan penjadwalan kegiatan KBM dan lainnya.

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Mustofa prodi Pendididkan Seni Tari dibawah bimbingan Dr. Linda Setiawati, M.Pd. Selaku dosen Pembimbing Lapangan. Melaksanakan Kegiatan Webinar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara Virtual pada 23 Juli 2021, percobaan penggunaan ZOOM sebagai salah satu alternatif sekolah untuk berinteraksi dengan para siswa dan siswi baru Tahun Ajaran 2021-2022 SMP Kartika XIX-2 Bandung merasa senang karena dengan dibantu oleh Mahasiswa KKN UPI merka mampu mengembangkan serta meningkatkan mutu di sekolah tersebut. 

Berdasalkan hasil tersebut, adanya peningkatan penggunaan media aplikasi pembelajaran yang kini sudah mulai diterapkan pleh para guru dalam melakukan kegiatan belajar antara guru dan siswa sehingga bisa menjadi lebih sinkron. Bukan hanya sekolah ataupun siswa, peran orang tua pula perlu dalam membimbing serta mendampingi selama anak-anak melakukan pembelajaran, maka orang tua pun tahu bahwa kini ssudah majunya teknologi dalam pembelajaran. Sehingga, masalah ataupun tantangan yang dihadapi mampu teratasi dengan baik dalam pembelajaran daring di masa pandemic covid-19 ini. diharapkan dengan adanya pembaruan di sekolah tersebut mampu meningkatakan kemampuan baik siswa maupun guru di sekolah tersebut

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun