Mohon tunggu...
mustofa
mustofa Mohon Tunggu...

cara cepat pasang keramik | Mengatasi tembok retak|Harga semen mortar

Selanjutnya

Tutup

Tutorial

9 Cara Cepat Pasang Keramik

25 Februari 2019   15:38 Diperbarui: 25 Februari 2019   16:20 0 1 0 Mohon Tunggu...
9 Cara Cepat Pasang Keramik
https://www.womag.co.za

Cara Cepat Pasang Keramik yang Bagus dan Rapi

Cara cepat pasang keramik memang membutuhkan usaha yang tidak mudah. Akan tetapi bagi Anda yang tertarik untuk mencoba, maka ada sejumlah cara dan panduan yang bisa diikuti. Jika cara ini Anda aplikasikan secara terus menerus, maka pada akhirnya Anda akan bisa memasang keramik cepat, namun tetap bagus dan rapi. Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini:

Perhatikan hal-hal kecil

Hal yang harus diperhatikan pertama kali saat menepatkan sebuah keramik adalah nat yang baik. orang dulu menggunakan adukan semen umum untuk isi nat. Namun adukan yang umum hanya akan membuat keramik tampak tidak baik, bahkan bisa menimbulkan jamur. Untuk itu, sekarang ini saat mengisi nat menggunakan semen yang spesial. Bahkan ini biasanya terdiri dari kandungan plimer yang dapat menahan air dan memungkinkan keramik terhindar dari jamur.

Supaya keramik tampak rapi, Anda bisa memulainya dari depan, yaitu dari pintu depan kemudian bergerak ke belakang. Dengan begitu keramik yang dipasang di depan tidak usah dipotong jika memang ukuran keramik terlalu besar. Keramik tersebut akan dipotong di bagian belakang. Akan tetapi bilang Anda tertarik untuk memasang keramik dengan pola spesial atau mungkin simetris, maka bisa memulainya dari tengah ruangan.

Sebenarnya masalah akan ditemukan saat keramik tersebut sudah semuanya terpasang. Terkadang ada keramik yang mendadak terangkat serta pecah dengan suara yang keras. Seakan-akan keramik tersebut mengalami ledakan atau biasanya orang-orang menyebutnya dengan popping. Popping ini biasanya terjadi di lantai dua atau lebih. Ini biasanya terjadi karena gerakan susunan lantai itu makin besar yang atas serta terlepas. Tidak hanya itu, popping pun dapat disebabkan karena muai-susut keramik. Apabila ubin mengalami pemuaian dan tak ada tempat untuk menyimpan volume muainya, maka keramik akan terangkat. Untuk menghindarinya, akan lebih baik sisakan sedikit ruang di antara ubin keramik dan dinding saat menempatkan keramik. Anda bisa mengisinya dengan bahan yang elastis seperti karet ataupun plastik agar lebih fleksibel dan mengikuti gerakan ubin.

Menempatkan keramik lantai dan dinding

Setelah memperhatikan sejumlah hal yang butuh perhatian lebih dalam menempatkan keramik, cara cepat pasang keramik selanjutnya adalah menempatkan keramik tersebut. Pastikan keramik ditempatkan dengan keadaan sejajar, supaya hasilnya lebih rapi. Untuk lebih jelasnya supaya selesai dengan cepat, bagus dan rapi, inilah tipsnya:

1. Pemasangan keramik ini lebih baik dilakukan di tahap akhir pembangunan rumah. Jika dilakukan di pertengahan, dikhawatirkan akan rusak terkena pekerjaan yang belum selesai lainnya.

2. Pastikan lantai atau dinding yang akan dipasang keramik bersih, kering dan rata air.

3. Anda harus menetapkan tulangan dengan cara memperhitungkan tata letak ruang, dinding bahkan tangga yang ada. Pemasangan keramik di lantai atau dinding usahakan dimulai dari tulangan ini supaya hasilnya lebih rapi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x