Mohon tunggu...
Danang Arief
Danang Arief Mohon Tunggu... Psikolog - baca, nulis, gowes adalah vitamin kehidupan

Menekuni bidang pengembangan organisasi

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

3 Tips Agar Anda Dapat Berolahraga dengan Bahagia

10 September 2022   07:26 Diperbarui: 14 September 2022   15:15 221 14 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi olahraga dengan bahagia. Sumber: DragonImages via Kompas.com

Olahraga, meski banyak manfaatnya namun bagi sebagian orang aktivitas tersebut belum bisa rutin dilakukan. Dampaknya, manfaat besar berolahraga tidak bisa diperoleh.

Berikut ini 3 penyebab yang menurut penulis membuat banyak orang tidak bisa rutin berolahraga, apalagi lagi untuk dapat melakukannya dengan bahagia:

1) Tidak punya waktu alias sibuk.

Bagi kaum pekerja, pergi ke kantor sekitar pukul 7 pagi dan sampai lagi di rumah sekitar pukul 7 malam adalah rutinitas harian yang harus dilakukan.

Hal ini tentu saja dapat menjadi alasan ketika ditanya "Kamu kapan berolahraga?." Jawabannya adalah "duh, ga punya waktu nih, sibuk."

2) Kebiasaan Begadang

Seharian bekerja di kantor atau membersamai keluarga kadang membuat kita lelah. Malam hari, ketika semuanya sudah terlelap adalah saat yang cocok untuk me time. Menghabiskan waktu sampai tengah malam untuk nonton bola, nonton film, atau main games merupakan bentuk refreshing tersendiri bagi sebagian orang.

Namun, ada bahaya mengintai di balik asyiknya begadang. Selain dapat menurunkan fungsi kognitif, begadang juga bisa membuat kita lebih mudah emosi dan membuat penampilan menjadi kurang menarik.

Begadang juga membuat Anda hampir pasti bangun kesiangan atau kurang tidur. Dengan kondisi ini, sepertinya mustahil untuk dapat berolahraga keesokan harinya.

3) Pernah mencoba namun tidak konsisten.

Biasanya, niat untuk berolahraga dimulai dari membeli peralatan yang dibutuhkan. Sepatu lari, sepeda lipat atau raket badminton sudah diorder dan tinggal menunggu kurir ekspedisi untuk mengantarnya sampai di rumah.

Semua benda di atas akan membuat kita menjadi bersemangat untuk berolahraga. Setidaknya untuk beberapa pekan pertama.

Namun, setelah sebulan atau dua bulan berlalu, sepatu atau sepeda baru tersebut sudah teronggok di gudang penuh dengan debu. Anda sudah jarang menggunakannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan