Mohon tunggu...
Danang Arief
Danang Arief Mohon Tunggu... Psikolog - baca, nulis, gowes adalah vitamin kehidupan

Menekuni bidang pengembangan organisasi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Jangan Bermain Games yang Tidak Bisa Anda Menangkan

27 Agustus 2022   07:59 Diperbarui: 28 Agustus 2022   03:28 215 15 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Ilustrasi gagal menyelesaikan games. Sumber gambar: stockgiu di freepik.com

Adakah diantara Anda yang pernah berhasil menyelesaikan games Mario Bros?

Games yang bertujuan untuk menyelamatkan Putri Jamur ini memang tidak mudah. Banyak pemain yang gagal menyelesaikannya. Namun, tidak sedikit pula yang berhasil.

Meskipun sukar, game Mario Bros tetap bisa untuk dimenangkan.

Jika Anda belum berhasil menyelesaikan gamesnya, berarti Anda perlu untuk meningkatkan upaya dan atau mengubah strategi yang digunakan. Dengan ketekunan, Anda pun niscaya akan dapat menyelamatkan sang Putri Jamur.

Pertanyaan selanjutnya adalah, adakah games yang mustahil untuk dimenangkan?

Penulis yakin tidak satupun developer yang mendesain permainan semacam itu. Kenapa? karena siapapun developernya, pasti ingin agar games besutannya laris manis di pasaran.

Menurut Eric Barker, semua games yang bagus dan akhirnya menjadi viral, memiliki 4 kriteria sebagai berikut:

  • Dapat dimenangkan. Data menunjukkan sekitar 4 dari 5 pemain gagal menyelesaikan permainan. Lalu, apakah para pemain berputus asa? Tentu saja tidak. Hal itu justru membuat mereka lebih bersemangat dalam bermain. Mereka tahu, games itu bisa dimenangkan.
  • Selalu ada hal baru. Games yang bagus biasanya selalu memberikan update rutin seperti: hero atau character baru, buff dan nerf, item-item baru, dan lain sebagainya. Hal ini membuat para pemain tidak mudah bosan.
  • Umpan balik. Di dalam games, pemain akan memperoleh feedback dengan cepat. Bagaimana kinerja Anda dalam satu sesi permainan dapat diketahui segera setelah permainan usai. Tidak hanya itu, pemain pun akan memperoleh reward/punishment sebagai konsekwensinya.
  • Punya tujuan. Ketika bermain games, Anda memiliki tujuan yang jelas. Apakah itu mencapai tier/level tertentu seperti pada Mobile Legends atau menjadi orang terakhir yang survive seperti pada PUBG.

Games tidak hanya terdapat pada layar smartphone atau konsol games saja, namun dapat juga terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya di kantor.

"Games" di Kantor

Kita bisa mengandaikan kehidupan di kantor dengan analogi yang sama dengan permainan.

Pertama, ada tujuan yang ingin dicapai. Misalnya kenaikan jabatan atau upah. Kedua, pada umumnya selalu memiliki tantangan dan masalah baru yang perlu untuk diselesaikan. Ketiga, sistem kerja yang bagus akan memiliki mekanisme feedback terhadap kinerja pegawainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan