Mohon tunggu...
Mustafa Afif Abd
Mustafa Afif Abd Mohon Tunggu... Berimajinasi. Bernarasi. Berbagi.

| kuli besi tua | penyuka MU & Real Madrid | twitter : @mustafa_afif | niatkan ibadah, seluruhnya |

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Andai Bill Gates Orang Islam-Madura, Orang Miskin Se-Madura Akan Mendapatkan 42 Juta dari Zakatnya

18 November 2019   22:59 Diperbarui: 20 November 2019   03:31 0 3 1 Mohon Tunggu...
Andai Bill Gates Orang Islam-Madura, Orang Miskin Se-Madura Akan Mendapatkan 42 Juta dari Zakatnya
ekonomi.kompas.com

Ide tulisan ini muncul ketika pada sebuah timeline akun medsos saya muncul berita tentang kembalinya Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia setelah kurang lebih sekitar dua tahun lamanya posisi itu "dirampas" oleh Jeff Bezos, pemilik Amazon, sebuah toko online terbesar di dunia. 

Berdasarkan release dari Bloomberg Billionares Index, kekayaan bersih pendiri Microsoft itu mencapai US$ 110 miliar atau setara dengan 1.540 triliun rupiah, dengan asumsi nilai tukar rupiah sekitar Rp14.000 perdolar AS. Unggul dari Bezos yang memiliki kekayaan sebesar US$ 108 miliar.

Kekayaan Bill Gates terdongkrak karena harga saham Microsoft yang naik sekitar 48-49% sejak awal tahun lalu ditambah dengan keberhasilan Microsoft mengalahkan Amazon dalam perebutan kontrak cloud-computing dari Pentagon senilai US$ 10 miliar. Baca disini.

Sementara saham Amazon turun sekitar 2%. Selain itu Bezos "berbagi" dengan mantan istrinya, MacKenzie, sebesar US$ 35 miliar setelah resmi bercerai.

Menggunakan asumsi sebenarnya untuk mempermudah saja karena nilai tukar rupiah yang fluktuatif terhadap dolar. Konsekuensinya? Ada yang tak terhitung. 

Tadi siang, saya lihat nilai tukar rupiah terhadap dolar sebesar Rp14.072, lalu berubah menjadi Rp14.073, dan terakhir ketika menuliskan ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar bergerak naik menjadi Rp14.074. 

Semuanya angka tersebut saya dapatkan versi Google. Rp72 tentu saja kecil, tapi dengan angka pengalian yang luar biasa (US$ 110 miliar) didapatkan angka sebesar 7,92 triliun rupiah, sedangkan Rp73 didapatkan angka sekitar 8,03 triliun rupiah, sementara kalau menggunakan Rp74 akan mendapatkan angka sekitar 8,14 triliun rupiah. Fantastis!

Bagaimana kalau Anda dikasih Rp1 saja oleh Bill Gates? Anda akan mempunyai harta sebesar Rp110.000.000.000. Cukup untuk membeli rumah mewah di Pondok Indah atau Kemang, naik haji, umroh berkali-kali bersama keluarga, membuka usaha yang keren, membeli mobil mewah, lalu bersedekah dengan suka-suka, atau mau tampil songong seperti OKB Indonesia yang perilakunya bak Dewa padahal duitnya masih se-upil itu.

Oke, kita sepakati sepakati dulu, bahwa kekayaan bersih Bill Gates sebesar Rp1.540 triliun rupiah.

Entah darimana awalnya dan bagaimana alurnya, pikiran saya kemudian sampai pada sebuah pertanyaan sekaligus pengandaian besar tentang: Bagaimana kalau seandainya Bill Gates adalah seorang Muslim? 

Atau pertanyaan yang lebih spesifik, bagaimana kalau seandainya Bill Gates adalah seorang muslim dari Indonesia? Atau pengandaian yang lebih spesifik lagi, andai saja Bill Gates adalah orang Islam dari Madura!

Mungkin saja gila, tapi tak ada salahnya. Tak ada ruginya juga hitung-gitungan dengan pengandaian, sekaligus tak ada gunanya juga, kecuali sebagai informasi tambahan yang cukup untuk menjadi penyegaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x