Mohon tunggu...
Mustafa Tope
Mustafa Tope Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK Negeri 4 Makassar

membaca, menulis, mengajar, berdiskusi, belajar, memfasilitasi, melakukan perjalanan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengorganisasikan Pengalaman Pembelajaran secara Efektif

26 Februari 2023   17:53 Diperbarui: 26 Februari 2023   18:00 428
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Pembelajaran (Dok Pribadi : MT) 

 

Apa yang aku ingat tentang sekolah adalah kenangan-kenangan yang aku buat bersama teman-teman." (J. J. Watt, Atlet American Football).

Aktivitas bersama peserta didik dalam kelas pembelajaran saya merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan bersama murid-murid di kelas. Saya menikmati kondisi pembelajaran demikian. Pengalaman pembelajaran yang saya lakukan selama ini terlihat memberikan dampak yang baik bagi murid-murid di Kelas. 

Dari kegiatan-kegiatan yang terorganisir tersebut, saya dapat melihat munculnya keterampilan pembelajaran berbasis pengalaman yang pada  murid-murid di kelas.

Pengalaman pembelajaran yang saya temukan pada murid di kelas pembelajaran materi kepariwisataan yang saya lakukan meliputi:

MENGAMATI

  • Mengamati video/gambar/ membaca artikel pariwisata
  • Mengamati video/gambar/ membaca artikel tentang berbagai jenis objek wisata di Indonesia

MENANYA

  • Mengajukan pertanyaan  terkait dengan pengertian, istilah, sejarah dan hubungan sejarah pariwisata dengan perkembangan pariwisata di daerahnya.
  • Setiap individu dalam kelompok mengajukan pertanyaan  terkait  dengan pengertian, jenis dan ciri produk; serta hubungan objek wisata dengan jenis wisatawan  yang datang

MENGUMPULKAN INFORMASI

  • Mengumpulkan  data secara berkelompok untuk menjawab pertanyaan tentang pengertian, istilah, sejarah dan hubungan sejarah pariwisata dengan perkembangan pariwisata di daerahnya dengan menggunakan berbagai literatur
  • Mengumpulkan  data secara berkelompok untuk menjawab pertanyaan tentang pengertian, jenis dan ciri produk serta objek hubungan objek wisata  dengan jenis wisatawan yang datang pada objek wisata dengan  menggunakan berbagai literatur.
  • Kerja kelompok untuk membandingkan berbagai objek wisata yang ada di Indonesia berdasarkan berbagai lembar tugas

MENALAR/MENGASOSIASI

  • Diskusi kelompok untuk mengolah data tentang siapa pemangku kepentingan industry pariwisata, peran dan manfaatnya, apa kebijakannya, mengapa dilakukan serta apa hubungan pemangku kepentingan, kebijakan dengan   kemajuan industry wisata di wilayahnya.
  • Secara berkelompok menyimpulkan data hasil diskusi
  • Kerja kelompok untuk mengolah dan menyimpulkan data hasil diskusi kelompok

MENGKOMUNIKASIKAN

  • Mempresentasikan hasil  olah  dan kesimpulan data
  • Membuat laporan tertulis hasil kerja kelompok 
  • Mempresentaskan  hasil  diskusi 
  • Membuat laporan tertulis hasil  diskusi kelompok

Sungguh nikmat jika murid-murid di kelas selalu menemukan pengalaman belajar yang demikian. (MT) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun