Mohon tunggu...
Mustopa Jamal
Mustopa Jamal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya sangat menikmati membaca buku-buku dari berbagai genre, mulai dari novel hingga buku psikologi. Saya merasa bahwa membaca adalah cara terbaik untuk memperluas pengetahuan dan memperdalam pemahaman tentang dunia. Saat membaca, saya dapat terlebih dahulu mengalami banyak hal yang tidak mungkin saya temui dalam kehidupan nyata. Saya juga sangat tertarik dengan musik, saya mendengarkan berbagai macam genre musik seperti klasik, jazz, hingga pop. Saya merasa bahwa musik dapat menginspirasi dan memotivasi saya dalam kehidupan sehari-hari.Selain itu, saya juga menemukan rasa kedamaian dalam mendengarkan musik. Saya memiliki ketertarikan dalam mempelajari psikologi. Saya merasa bahwa pemahaman tentang perilaku manusia, pemikiran, dan emosi sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Saya senang mengembangkan keterampilan sosial saya agar dapat berinteraksi dengan baik dengan orang lain. Terakhir, saya sangat suka menonton film dari berbagai genre, mulai dari drama hingga komedi. Saya merasa bahwa film dapat memberikan hiburan yang baik dan membangun imajinasi saya.Saya senang memperhatikan detail-detail yang ada dalam film seperti penokohan, alur cerita, sinematografi, dan musik. Secara keseluruhan, saya adalah orang yang terbuka terhadap berbagai macam hal, senang mempelajari hal-hal baru, dan selalu ingin meningkatkan wawasan dan pengetahuannya. Saya percaya bahwa hidup adalah tentang terus belajar dan berkembang, dan saya selalu mencari cara untuk memperkaya pengalaman hidup saya.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Perinsip Game Kehidupan: Cara Memenangkan Game Kehidupan

14 Maret 2023   21:54 Diperbarui: 14 Maret 2023   22:01 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Hidup adalah permainan yang besar dan kompleks. Ini merupakan permainan dunia terbuka terbesar yang diketahui sampai saat ini. Setiap orang memulai dengan statistik awal yang berbeda dan ditempatkan di berbagai lingkungan yang dapat memberikan keuntungan atau kerugian. Anda dapat membaca tulisan saya sebelumnya. 

Desain permainan Hidup sebenarnya sangat sederhana. Hal ini dikembangkan dengan beberapa prinsip dasar yang bertujuan untuk memberikan pengalaman acak yang besar bagi para pemainnya. 

1. Hidup diciptakan untuk selalu memberikan tantangan-tantangan sulit dan tak terduga.  

Hidup adalah rangkaian masalah yang tak akan pernah habis, yang harus dihadapi, diatasi, dan diselesaikan. Jika suatu saat kita merasa kehabisan masalah, sebagai pemain, kita secara tidak sadar akan menciptakan masalah baru untuk diri kita sendiri. Masalahlah yang membuat hidup kita bermanfaat dan memberikan arti, sehingga sangat penting untuk bisa menghadapi Level 4 dan 5 (memberi nilai dan meninggalkan warisan).  

Sebagai pemain, sebagian besar waktu kita dihabiskan untuk mempersiapkan diri menghadapi masalah-masalah yang diharapkan. Namun, karena persiapan ini, masalah-masalah paling sulit yang kita hadapi dalam hidup justru tak terduga.

Rangkaian masalah yang tak terduga ini membuat kita merasa bahwa kita tak memiliki kendali atas hidup kita, padahal sebenarnya, tujuan hidup kita bukanlah mengendalikan apa yang terjadi pada kita, melainkan mengendalikan dan memilih respons yang lebih tinggi terhadap apa yang terjadi pada kita.

2. Dalam menghadapi masalah, pemain dapat bereaksi dengan Solusi atau Distractions(Gangguan).

Setiap pemain harus merespons suatu masalah dengan cara tertentu (bahkan tidak meresponsnya pun dianggap sebagai sebuah respons).

Semua respons dapat dibagi menjadi dua kategori: Solusi dan Gangguan.

Solusi adalah tindakan dan usaha yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah serta mencegahnya terjadi kembali di masa depan. Sedangkan Gangguan adalah tindakan atau usaha yang bertujuan untuk menyembunyikan atau mengalihkan perhatian pemain dari masalah, atau untuk meredam rasa sakit yang mungkin timbul akibat masalah tersebut.

Jika seorang pemain merasa bahwa ia memahami suatu masalah dan mampu menanganinya, maka ia akan mencari Solusi. Namun, jika pemain merasa jenuh dengan kehidupan yang tak berarti, maka mereka cenderung mencari Distractions  untuk membantu mereka merasa bahwa masalah yang dihadapinya tidak nyata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun