Mohon tunggu...
muslihati
muslihati Mohon Tunggu... muslihati

atii

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Covid-19 Berdampak pada Perekonomian Indonesia

26 Maret 2020   22:17 Diperbarui: 26 Maret 2020   22:24 82 0 0 Mohon Tunggu...

Kita mengetahui bahwa virus Corona ditemukan di kota Wuhan, Cina. Virus Corona adalah makhluk kecil yang tidak bisa dilihat dari Indra mata, dan virus ini cepat menular dengan cara bersentuhan  dari  tangan dan bisa terjadi seseorang meninggal. Virus tersebut sudah sampai di Indonesia. Dengan ini kita harus melakukan langkah ekstra untuk menangani pandemi global ini dari Covid-19. Kita sebagai masyarakat Indonesia harus bekerja sama.

Seperti yang telah disampaikan oleh bapak Jokowi pada pidato yang bersifat Informatif pada Minggu 15 Maret 2020. Mengatakan bahwa, sudah banyak negara-negara lain yang melakukan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona.

Namun ada juga negara-negara yang tidak melakukan lockdown salah satunya adalah negara kita sendiri indonesia, tetapi tetap melakukan langkah dan kebijakan ketat untuk menghambat penyebaran Covid-19.

Salah satu kebijakan pemerintah untuk melindungi masyarakat dari virus tersebut adalah  dengan cara bekerja dirumah, belajar dirumah, dan beribadah dirumah, agar menjauh dari keramaian yang bisa membuat virus ini cepat menyebar.

Covid-19 berdampak pada perekonomian Indonesia, yang membuat eskpor dan impor barang tidak dapat berjalan seperti biasanya, sehingga harga barang melonjak naik, karena pemerintah tidak menerima barang dari luar, sehingga negara hanya dapat memanfaatkan barang yang sudah ada, inilah yang menjadi penyebab terhambatnya perekonomian di Indonesia. 

Segala sesuatu hanya bisa menggunakan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Indonesia. Jasa rakyatlah yang sangat dibutuhkan oleh seluruh warga Indonesia saat ini.

Virus ini membuat masyarakat harus mematuhi peraturan pemerintah agar tidak keluar dari rumah selama 14 hari agar tidak terjadi penularan yang sangat cepat. Hal tersebut membuat masyarakat tidak mendapat penghasilan, khususnya bagi bekerja diluar rumah. Sehingga perekonomian mereka semakin sulit dan kebutuhan sehari-hari menjadi tidak tercukupi seperti biasanya.

Masyarakat sangat khawatir jika penyebaran virus ini tidak berhenti, maka mereka akan mengalami kesulitan terutama dalam kebutuhan sehari-hari dan juga kegiatan lainnya. 

Semoga pemerintah dan rakyat dapat saling bekerja sama dalam menghentikan dan memutuskan rantai penyebaran covid-19, dan kita harus selalu berdoa agar virus tersebut cepat menghilang sebelum bulan ramadhan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x