Mohon tunggu...
Muslifa Aseani
Muslifa Aseani Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Momblogger Lombok

www.muslifaaseani.com | Tim Admin KOLOM | Tim Admin Rinjani Fans Club

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

[Event Semarkutigacom] Cara Asyik Punya Hobi Kreasi Digital

10 Desember 2020   17:30 Diperbarui: 10 Desember 2020   18:40 247
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi membaca, menulis, travelling, bisa terekam di foto cantik semburat matahari pagi di Gili Air, Lombok, ini. Dokpri

Siapa yang sangka, kita sudah melewati hampir 10 bulan bersama Corona. Virus Covid-19 masih ada di antara kita. Bahkan teman-teman terdekat pun terjangkit. Alhamdulillah, sebagian besar teman saya, sehat kembali dan menjadi satu dari banyak penyintas positif Covid-19. Kembali sehat dan beraktifitas biasa lagi.

Di tengah pandemi, meski banyak yang memilih masih tinggal di rumah saja, sebagian besar lainnya sudah harus beradaptasi. Sebagian tersebut adalah saya pribadi. Sejak Juni, saya sempat masuk offline di madrasah. Tepatnya Pesantren Alam Sayang Ibu (PAMSI), tempat saya bekerja dari Desember tahun lalu sampai saya resign di awal September. Setelahnya, liputan event ini dan itu, kegiatan ini dan itu.

Sebagian sebagai Humas dan tim konten creator di web komunitas relawan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lombok Sumbawa. Yang lainnya, dari jejaring digital saya. Keluarga besar baru di Kitapixel Lombok dan rentetan kegiatan 1000 StartUp Digital Telkom.

Dokpri
Dokpri
Lantas, apa saja nih hobi baru selama melewati masa pandemi ini? Ternyata, justru karena menuliskan ini, beberapa kegiatan positif, kini juga mulai menjadi hobi baru saya. Yuk, semangat menyimak sampai akhir ya. Saya temani bersama satu mug kopi hitam Lombok ^^

1. Semangat Menyintas Pandemi Dengan Berjejaring Positif

Iya, salah satu cara berbahagia dan sukses menjadi penyintas Corona, semangat menjaga jaringan serba positif. Tiga bulan awal PSBB dulu, saya juga mengalami psikosomasis. Padahal masih bekerja di PAMSI dan suami juga masih ada pekerjaan ini serta itu.

Over thinking hampir setiap malam, walau sambil tetap memerika pekerjaan anak-anak yang sedang Learning From Home (LFH) -- saya mengampu ekstra Pizza Before Bed (PBB), kegiatan literasi di PAMSI. Saya sempat sangat tidak produktif. Tak mampu menulis, meski sedang terikat Arisan Blogging bersama Komunitas Blogger Gandjel Rel Semarang. Sesekali memang masih menulis, tapi hanya untuk tulisan berbayar saja.

Lalu semuanya mulai berubah. Saat mulai aktif di PAMSI, banyak pula kegiatan lainnya mulai berlangsung offline. Walau tentu sebagian besar lainnya, masih berlangsung online.

A. Aktifitas online selama pandemi

Ijinkan saya menulis secara ringkas saja. Salah satu yang seru, webinar online bersama komunitas saya di sini, yaitu Komunitas Traveler Kompasiana (Koteka). Berkat kerja keras dan semangat Mbak Ghana (admin Koteka di Jerman), juga teman-teman admin lainnya, Koteka sukses mengadakan Zooming sebanyak 14 kali.

Ssst, Sabtu lusa, Koteka mau ada Zooming seru lagi. Intip di profilnya atau WAG Zooming. Update Cara daftar dan Link Zooming akan dibagikan di sana.

Saya hanya memoderatori dua agenda saja, namun kesannya tersimpan dan menambah panjang kesan-kesan positif berkomunitas. Sharing positif dari Ibu Wenny, yang pernah menjabat sebagai Dubes Indonesia di Austria. Ada pula Mbak Poppy dan Mbak Hidayati, dua designer kebaya, yang komit produktif dengan ide-ide keren mereka terkait kebaya. Busana khas Indonesia.

Mbak Poppy Karim, salah seorang narsum di Zooming bersama Koteka. SS Tim Admin Koteka
Mbak Poppy Karim, salah seorang narsum di Zooming bersama Koteka. SS Tim Admin Koteka
Aktifitas online lain yang bisa saya titipkan di sini, kelas-kelas WAG online bersam PT Permodalan Nasional Madani (PNM) NTB. Peserta kelas adalah ibu-ibu nasabah PT PNM, yang sedang berjuang sebagai penyintas pandemi, dengan usaha-usaha kecil mereka. Terakhir, menjadi pemateri Kelas Inspiratif bersama Sister Net. Jauh. Lokasi kelasnya di Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah, provinsi Bangka Belitung. Salah satu mimpi saya terwujud. Keinginan berkunjung ke tanah kelahiran Laskar Pelangi, walau hanya lewat kelas online zooming.

Kelas Inspiratif bersama Sister Net via zooming ke Desa Kurau, provinsi Babel. SS event
Kelas Inspiratif bersama Sister Net via zooming ke Desa Kurau, provinsi Babel. SS event

B. Aktifitas offline sejak Juni 2020

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun