Bagi para pengguna moda transportasi umum, tentu sudah mengakrabi si burung biru. Satu taksi yang masih eksis sampai saat ini, beroperasi hampir di semua kota besar di Indonesia, termasuk Lombok.
Bluebird berdiri sejak tahun 1972 dan kini beroperasi di sekitar 14 propinsi di Indonesia, di sekitar 15 kota besar, termasuk Mataram Lombok. Konsisten melayani dengan standar tinggi, Â Lombok Taksi (brand yang digunakan Bluebird di Lombok) menerapkan penggunaan teknologi digital di manajemen operasional rutin mereka.
Beberapa contoh, program diskon bersama Hotel Golden Palaca, Hotel Holiday Resort, Kura-Kura Waterpark sebagai spot wisata keluarga dan Elephant Park, juga Al Turkia Resto dan Coffee Toffee Lombok. Program diskon lainnya, dijalin bersama merchant-merchant di satu mall terbesar Lombok, Epicentrum Mall. Di samping layanan serba praktis, bagi pelanggan setia Bluebird (Lombok Taksi), di internal manajemen juga diadakan program-program menarik.
Intip yuk, seperti apa program-program menarik manajemen Lombok Taksi tersebut.
Lombok Taksi bersama Brizzi
Sejak Selasa 5 Juni sampai hari ini, briefing terkait sosialisasi cara penggunaan Brizzi masih dilaksanakan di pool Lombok Taksi. Total 440 driver yang beroperasi rutin, dibekali pengetahuan cara menggunakan Brizzi, trouble shoot, juga lokasi-lokasi yang menerima Brizzi.
Lombok Taksi memanfaatkan Brizzi terutama untuk pengisian BBM Premium. Masing-masing driver mendapatkan satu Brizzi, Â diwajibkan digunakan mengisi bbm setiap sore hari. Delapan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mendukung kerjasama ini. Enam SPBU berada di kota Mataram, satu SPBU di Meninting (di lajur padat menuju kawasan wisata Senggigi) dan satu SPBU di Narmada. Delapan SPBU ini masih berada di kabupaten Lombok Barat. Briefing juga untuk mensosialisasikan spot-spot yang bisa membantu top up dana Brizzi.
Di Lombok Taksi, para driver diwajibkan mengisi bbm premium menggunakan Brizzi. Kerjasama saling menguntungkan, praktis bagi manajemen Lombok Taksi, juga keuntungan tersendiri bagi BRI. Kerjasama dua pihak, sinergi yang secara tidak langsung menunjang dunia kepariwisataan di Lombok. Membiasakan para driver Lombok Taksi, semakin memahami dunia digital, terutama transaksi non tunai.
Program-program Diskon My Blue Bird
Melalui aplikasi My Blue Bird di ponsel pintar, Anda bisa dapatkan berbagai diskon menarik. Tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda selama berlibur di Lombok.
Mulai dari hotel-hotel berbintang. Beberapa di antaranya, hotel perkotaan yaitu Hotel Golden Palace. Hotel di kawasan wisata Senggigi, yaitu Holiday Resort. Besar diskon bervariasi. Detail tentang diskon ini bisa Anda cek di blog personal saya lainnya, di SINI.
Beasiswa dan Apreasiasi Pengemudi di Internal Manajemen Lombok Taksi
Di sekian kali rangkaian saya ikuti program-program kerjasama dari manajemen Lombok Taksi, satu hal utama yang mengesankan; sejak mengenal dan merasakan layanan taksi ini di medio tahun 90-an dulu (jaman saya masih mahasiswa), keramahan dan etika kesopanan masih tetap terjaga.
Di tahun 90-an dulu, memesan melalui telpon (waktu itu masih eksis juga telepon umum di kampus-kampus), taksi berlogo burung biru sigap mendatangi alamat yang dipesan. Keramahan standar, semacam membukakan pintu, tidak berbicara kecuali penumpang yang memulai dan sopan menanyakan apakah ada barang yang tertinggal atau tidak. Standar layanan yang masih jarang kita dapatkan di layanan transportasi online yang kini marak.
Berbeda di lapangan, kekeluargaan di internal Lombok Taksi juga diterapkan melalui pemberian beasiswa bagi yang berprestasi dari putra putri para karyawan. Bentuk apresiasi lainnya, penghargaan bagi pengemudi teladan. Dua kegiatan rutin tahunan, bertempat di ruang serbaguna pool Lombok Taksi di Ampenan, Lombok Barat. Desember tahun lalu, saya beruntung menyaksikan langsung event rutin ini.