Transportasi

Hadir Bersama Brizzi, Layanan Lombok Taksi Makin Digital

7 Juni 2018   15:36 Diperbarui: 7 Juni 2018   15:33 346 1 0
Hadir Bersama Brizzi, Layanan Lombok Taksi Makin Digital
Briefing dan sosialisai penggunaan Brizzi di Pool Lombok Taksi. Cred. Amir Muslim - Manager Lombok Taksi

Bagi para pengguna moda transportasi umum, tentu sudah mengakrabi si burung biru. Satu taksi yang masih eksis sampai saat ini, beroperasi hampir di semua kota besar di Indonesia, termasuk Lombok.

Bluebird berdiri sejak tahun 1972 dan kini beroperasi di sekitar 14 propinsi di Indonesia, di sekitar 15 kota besar, termasuk Mataram Lombok. Konsisten melayani dengan standar tinggi,  Lombok Taksi (brand yang digunakan Bluebird di Lombok) menerapkan penggunaan teknologi digital di manajemen operasional rutin mereka.

Saya dan anak-anak, akhirnya menikmati layanan terbaik Lombok Taksi. Dokpri
Saya dan anak-anak, akhirnya menikmati layanan terbaik Lombok Taksi. Dokpri
Selain aplikasi online My Blue Bird, kerjasama terbaru Lombok Taksi dijalin bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI). Setahun lalu, mengoptimalkan aplikasi My Blue Bird, program-program diskon juga diselenggarakan. Terutama bekerja sama dengan stakeholder kepariwisataan di Lombok.

Beberapa contoh, program diskon bersama Hotel Golden Palaca, Hotel Holiday Resort, Kura-Kura Waterpark sebagai spot wisata keluarga dan Elephant Park, juga Al Turkia Resto dan Coffee Toffee Lombok. Program diskon lainnya, dijalin bersama merchant-merchant di satu mall terbesar Lombok, Epicentrum Mall. Di samping layanan serba praktis, bagi pelanggan setia Bluebird (Lombok Taksi), di internal manajemen juga diadakan program-program menarik.

Intip yuk, seperti apa program-program menarik manajemen Lombok Taksi tersebut.

Lombok Taksi bersama Brizzi

Sejak Selasa 5 Juni sampai hari ini, briefing terkait sosialisasi cara penggunaan Brizzi masih dilaksanakan di pool Lombok Taksi. Total 440 driver yang beroperasi rutin, dibekali pengetahuan cara menggunakan Brizzi, trouble shoot, juga lokasi-lokasi yang menerima Brizzi.

Lombok Taksi memanfaatkan Brizzi terutama untuk pengisian BBM Premium. Masing-masing driver mendapatkan satu Brizzi,  diwajibkan digunakan mengisi bbm setiap sore hari. Delapan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mendukung kerjasama ini. Enam SPBU berada di kota Mataram, satu SPBU di Meninting (di lajur padat menuju kawasan wisata Senggigi) dan satu SPBU di Narmada. Delapan SPBU ini masih berada di kabupaten Lombok Barat. Briefing juga untuk mensosialisasikan spot-spot yang bisa membantu top up dana Brizzi.

Briefing lanjutan penggunaan Brizzi bagi driver Lombok Taksi. Cred. Amir Muslim - Manager Lombok Taksi.
Briefing lanjutan penggunaan Brizzi bagi driver Lombok Taksi. Cred. Amir Muslim - Manager Lombok Taksi.
Brizzi sendiri merupakan uang elektronik yang dikeluarkan BRI. Brizzi bisa dimiliki tanpa harus mendaftar, bisa dipindah-tangankan, berisi saldo maksimal satu juta rupiah dan maksimal transaksi dalam sebulan sebesar 20 juta idr.

Di Lombok Taksi, para driver diwajibkan mengisi bbm premium menggunakan Brizzi. Kerjasama saling menguntungkan, praktis bagi manajemen Lombok Taksi, juga keuntungan tersendiri bagi BRI. Kerjasama dua pihak, sinergi yang secara tidak langsung menunjang dunia kepariwisataan di Lombok. Membiasakan para driver Lombok Taksi, semakin memahami dunia digital, terutama transaksi non tunai.

Program-program Diskon My Blue Bird

Melalui aplikasi My Blue Bird di ponsel pintar, Anda bisa dapatkan berbagai diskon menarik. Tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda selama berlibur di Lombok.

Mulai dari hotel-hotel berbintang. Beberapa di antaranya, hotel perkotaan yaitu Hotel Golden Palace. Hotel di kawasan wisata Senggigi, yaitu Holiday Resort. Besar diskon bervariasi. Detail tentang diskon ini bisa Anda cek di blog personal saya lainnya, di SINI.

Bersama Bloger Lombok di launching promo diskon di Coffe Toffee Mataram. Dokpri
Bersama Bloger Lombok di launching promo diskon di Coffe Toffee Mataram. Dokpri
Tak hanya hotel, kerjasama juga dijalin Lombok Taksi dengan merchant-merchant di pusat belanja besar di kota Mataram, yaitu Mall Epicentrum. Masih ada juga kerjasama dengan tempat wisata keluarga, Kura-Kura Waterpark dan Elephant Park. Tentu juga restoran-restoran dan pusat belanja oleh-oleh khas Lombok, diantaranya Al Turkia Resto yang sediakan kuliner lezat khas negeri Timur Tengah, Sasaku Pusat Oleh-Oleh yang kini juga dilengkapi restoran besar, serta Taliwang Irama dengan kuliner khas Lomboknya.

layanan-sepenuh-hati-lombok-taksi-berkunjung-ke-kawis-krisant-5b18eb7a5e13735a176c4a62.jpg
layanan-sepenuh-hati-lombok-taksi-berkunjung-ke-kawis-krisant-5b18eb7a5e13735a176c4a62.jpg
Bentuk kerjasama, sinergi memberikan serba kemudahan bagi para pelanggan setia Lombok Taksi (Bluebird), khususnya. Tentu juga bagi para pengunjung atau wisatawan yang datangi Lombok dan membutuhkan kemudahan-kemudahan saat berlibur.

Beasiswa dan Apreasiasi Pengemudi di Internal Manajemen Lombok Taksi

Di sekian kali rangkaian saya ikuti program-program kerjasama dari manajemen Lombok Taksi, satu hal utama yang mengesankan; sejak mengenal dan merasakan layanan taksi ini di medio tahun 90-an dulu (jaman saya masih mahasiswa), keramahan dan etika kesopanan masih tetap terjaga.

Di tahun 90-an dulu, memesan melalui telpon (waktu itu masih eksis juga telepon umum di kampus-kampus), taksi berlogo burung biru sigap mendatangi alamat yang dipesan. Keramahan standar, semacam membukakan pintu, tidak berbicara kecuali penumpang yang memulai dan sopan menanyakan apakah ada barang yang tertinggal atau tidak. Standar layanan yang masih jarang kita dapatkan di layanan transportasi online yang kini marak.

Beasiswa dan Penghargaan Pengemudi Teladan, Desember 2017 lalu. Dokpri
Beasiswa dan Penghargaan Pengemudi Teladan, Desember 2017 lalu. Dokpri
Melayani dengan hati. Jargon umum yang dijaga, diterapkan dan diteruskan dengan komitmen tinggi selama belasan tahun merajai transportasi publik di kelas atas. Jargon yang juga menjadi 'nyawa' di internal manajemen. Mengikat kebersamaan antar karyawan dan manajemen internal.

Berbeda di lapangan, kekeluargaan di internal Lombok Taksi juga diterapkan melalui pemberian beasiswa bagi yang berprestasi dari putra putri para karyawan. Bentuk apresiasi lainnya, penghargaan bagi pengemudi teladan. Dua kegiatan rutin tahunan, bertempat di ruang serbaguna pool Lombok Taksi di Ampenan, Lombok Barat. Desember tahun lalu, saya beruntung menyaksikan langsung event rutin ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2