Mohon tunggu...
Muslifa Aseani
Muslifa Aseani Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Momblogger Lombok

www.muslifaaseani.com | Tim Admin KOLOM | Tim Admin Rinjani Fans Club

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Cara Selamatkan Tulisan Anda di Tumblr

9 Maret 2018   15:33 Diperbarui: 9 Maret 2018   17:13 1156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
SS Tulisan Pertama Yang Berhasil Saya Import Dari Tumblr. Dokpri

Iyas!!

Eh, Alhamdulillah, maksudnya. 

Ekspresi senang, bersyukur, bersemangat, karena akhirnya bisa selamatkan sekian banyak tulisan saya di dua bulan terakhir di Tumblr. Yup, itu, platform menulis yang diblokir Kemkominfo Indonesia. Sebentar, agar lebih yakin apa benar masih diblokir, saya coba dulu login ulang.

Dan Gagal Dong. Baik, sudah 2 X 24 Jam Terblokir. SS
Dan Gagal Dong. Baik, sudah 2 X 24 Jam Terblokir. SS
Agar tak ikut berpanjang kata dan yahanu yahana tentang pemblokiran Tumblr, yuk mari, langsung intip cara mudah mengimpor tulisan-tulisan Anda dari akun Tumblr. Sepenuhnya tetap sama, bahkan bisa diedit ulang, agar lebih sempurna. Tapi tunggu, saya masih terlalu senang berhasil membaca ulang, tayangkan, satu tulisan saya. Pendek dan sederhana. Tak sampai lima paragraf panjang.

Bagaimana pun, saya harus menghargai usaha keras saya pribadi, karena menuliskannya dalam bahasa asing (Bahasa Inggris). Salah satu bahasa asing selain bahasa ibu saya, Sasak Lombok, dan akan harus segera saya kuasai dengan baik. Demi web travel kantor baru saya saat ini, akan mulai meng-upgrade semua konten yang telah ditayangkan dan menuliskannya ulang dalam Bahasa Inggris.

Seharusnya mudah. Nyatanya, bagi saya, masih sulit. Sepuluh tahun terakhir, saya terbiasa gunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan. Bukan di bahasa tulisan.

Cukup numpang curcolnya, mari langsung intip cara mudah impor tulisan dari Tumblr ke Medium.

Klik kiri Ikon Profile Anda di pojok kanan atas. Kemudian pilih menu Stories. SS
Klik kiri Ikon Profile Anda di pojok kanan atas. Kemudian pilih menu Stories. SS
Halaman ini muncul. Klik tombol Import Story. SS
Halaman ini muncul. Klik tombol Import Story. SS
Halaman ini muncul. Kopas link akun atau tulisan Anda di Tumblr ke kotak isian. Klik Import. Selesai. SS
Halaman ini muncul. Kopas link akun atau tulisan Anda di Tumblr ke kotak isian. Klik Import. Selesai. SS
Iyas lagi. Eh, Alhamdulillah maksud saya. Benar-benar hanya tiga langkah sederhana seperti urutan SS (screen shot) di atas. 

Beruntungnya saya, setiap tulisan di Tumblr saya bagikan ke beberapa akun sosial media lain. Tersering, di Twitter dan Facebook. Dari dua post terusan ini pula saya menyalin link utuh tulisan-tulisan saya di Tumblr dan voila, jadilah post baru di Medium (cover foto tulisan singkat ini).

Sementara, cara sederhana ini sungguh sangat membantu. Nge-blog sejak 2005 lalu, salah satu pekerjaan edit blog yang bagi saya cukup menyita waktu dan memeras otak, mengimpor berbagai tulisan yang sempat terserak di platform-platfrom menulis yang dulu sempat eksis. Ada yang mau ngacung kehilangan tulisan dan koleksi foto di Multiply? *tolah-tolehcariteman

Jadi, tunggu apalagi? Ada yang mau selamatkan tulisannya? Yuk, bareng saya.

*Meninting, 9 Maret

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun