Mohon tunggu...
Monica Niken Wulandari
Monica Niken Wulandari Mohon Tunggu... Seniman - PNS Polri, Musisi, Pengajar, Suka Traveling, Ibu dari Do dan Re, Suka sesuatu yang baru

Menulis bebas apa yang ada di pikiran saya.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Pengakuan Dosa pada Pak Sri Handoyo

9 Mei 2018   18:10 Diperbarui: 9 Mei 2018   18:24 468
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teruntuk Bapak Sri Handoyo (Mantan Kepala Sekolah SMU 1 Sukorejo-Kendal) dimanapun Bapak Berada.

Apa kabar Pak? Semoga Bapak membaca Tulisan saya ini. Kalaupun tidak, kepada para pembaca yang mengenal beliau, dengan kerendahan hati saya, mohon sampaikan salam hormat saya.

Sore ini saya lagi makan ayam geprek yang lagi booming Pak. Tiba-tiba saya ingin menyampaikan suatu cerita kepada Bapak. Saya Monica Niken Wulandari Pak, murid bapak waktu di SMU 1 Sukorejo. Waktu itu Bapak Kepala sekolahnya. Kalau bapak tidak ingat juga, mungkin bapak ingat Bapak saya Pak P.C. Rahardja Guru Agama katolik. Nah saya anaknya pak. 

Saya harus berterima kasih pada Bapak karena sewaktu saya kelas 2 dulu Bapak pernah boncengin saya pakai motor Bapak dari sukorejo ke semarang karena mengantar saya final lomba Karya Tulis. 

Walaupun ban nya gembos di jalan pak. di tengah hutan jati yang sekarang sudah habis dijarah. Untung ketemu angkot ya Pak. jd bisa bawa ke bengkel. Ah kalau ingat kenangan waktu itu. Betapa bapak sangat sabar membimbing muridnya.

Apalah daya Pak. saya harus membuat pengakuan dosa kepada Bapak. Jadi gini Pak, dulu itu an keadaan ekonomi Bapak saya ya pas-pas an gitu Pak. Guru anak 7 dan anaknya sekolah semua, bisa dibayangin kan pak? 

Oleh karena itu Ibu saya harus membantu perekonomian Bapak saya dengan membuat jajanan atau kue-kue untuk dijual ke sekolah-sekolah dan warung-warung terdekat karena dulu belum ada gofood Pak. Jadilah saya kalau malam membantu Ibu saya memasak sampai larut dan paginya mengantar kue-kue itu atau bahasa kerennya mendistribusikan lah Pak. 

Naaahhh... oleh sebab itu, saya kan sering ngantuk Pak di sekolah, saya gak pernah belajar di rumah Pak. Boro-boro belajar, nyatet pelajaran saja tidak. Buku cuma satu kaena emang malas.Karena cita-cita saya sekolah di SMM bukan SMU pak. Bapak saya tidak mengijinkan saya sekolah musik. Jadilah saya mbeling. untung otak agak pentium 4 (jaman dulu kan?). Jadi masih bisa menyerap pelajaran dan setidaknya 10 besar dapatlah.

Nah saya kan sering bolos Pak, tapi bapak gak tau, wong tas saya lempar pager lewat kantin Mbak Rum, dan saya melenggang ke luar gerbang utama dengan membawa sehelai kertas dengan alasan mau fotocopy, ijinnya sama bapak lho, wong sering ketemu di gerbang, Bapak sih, main percaya saja sama alasan saya, apa akting saya meyakinkan ya? 

Nah, lama-lama kan ketauan juga pak. kalau bolos manjat pager itu gak asik banget pak. ntar rok saya kecantol kawat pula, mati saya dihajar Ibu saya, lewat depan juga rasanya sudah keseringan saya bikin alasan fotocopy, lama-lama bapak curiga, ya khaann??? ngaku deh Pak. 

Dari sejumlah alasan itu akhirnya saya menemukan ide, saya pulang dengan gembira, ambil telp, langsung saya telp nomor ruangan Bapak. kira-kira begini pak percakapan kita waktu itu:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun