Tekno

Sinar Gamma

14 November 2017   14:55 Diperbarui: 14 November 2017   15:02 3719 0 0

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sinar gamma sebenarnya hampir sama dengan sinar X , hanya saja sinar X lebih lemah. Sinar gamma ini dihasilkan oleh suatu bahan radioaktif. Sinar gamma adalah termasuk sinar yang tidak dapat dilihat oleh mata, untuk itu perlu adanya detektor. Detektor yang digunakan adalah NaI (Tl), detektor ini juga digunakan untuk sinar x, hanya saja detektor untuk gamma lebih tebal sedikit. Cara kerja dari detektor ini adalah sebagai berikut :

Apabila sinar gamma mengenai detektor NaI(Tl) maka akan terjadi tiga efek, yaitu efek fotolistrik, efek compton dan bentukan pasangan. Efek fotolistrik terjadi apabila ada sinar gamma yang mengenai elektron d kulit K dari sebuah atom maka elektron tersebut akan kosong sehingga akan diisi oleh elektron dari kulit yang lain, transisi ini yang menyebabkan terjadinya efek fotolistrik. 

Efek compton adalah efek yang terjadi apabila sinar gamma (dalam hal ini) mengenai elektron bebas atau elektron terluar dari suatu atom yang dianggap daya ikatnya sangatlah kecil sehingga sama dengan elektron bebas. Apabila sinar gamma memancar ke elektron bebas ini maka akan terjadi hamburan, yang disebut hamburan compton. Sedangkan Efek bentukan pasangan terjadi ketika sinar gamma melaju di dekat inti atom sehingga akan terbentuk pasangan positron dan elektron, syaratnya tenaga sinar haruslah cukup.

Dari ketiga efek tersebut, efek comptonlah yang paling kuat hal ini diakibatkan karena tenaga yang digunakan untuk melepas elektron juga yang lebih besar. Dan dari ketiga efek tersebut menghasilkan sintilasi atau pancaran cahaya, pancaran cahaya ini akan diteruskan ke fotokatoda yang dapat menguraikan cahaya ini menjadi elektron -elektron. Elektron ini masih lemah maka harus dikuatkan lagi dayanya oleh pre amplifier, dan dikuatkan tinggi pulsa dengan amplifier. Lalu elektron tadi dimasukkan ke PMT yang terdiri dari tegangan bertingkat dan banyak katoda, keluaran dari PMT menjadi berganda. Kemudian melalui counter nilai cacahnya dapat diketahui.

Rumusan Masalah

Apa pengertian sinar gamma?

Seperti apa sejarah sinar gamma?

Apa keuntungan sinar gamma?

Apa bahaya sinar gamma?

Bagaimana kaitannya sinar gamma dalam keperawatan?

Tujuan Makalah

Untuk mengetahui definisi sinar gamma,  sejarah sinar gamma, keuntungan sinar gamma, bahaya sinar gamma, dan mengetahui kaitannya sinar gamma dalam keperawatan

Manfaat Makalah

Agar Mahasiswa Akper Pemda Serang mampu mengetahui, dan bisa mengamalkan definisi sinar gamma,  sejarah sinar gamma, keuntungan sinar gamma, bahaya sinar gamma, dan mengetahui kaitannya sinar gamma dalam keperawatan

BAB II

PEMBAHASAN

Definisi Sinar Gaamma

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3