Mohon tunggu...
Musa Hasyim
Musa Hasyim Mohon Tunggu... M Musa Hasyim

Mahasiswa pascasarjana Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia. Menyukai sesuatu secara random.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Pengalaman Jogging di Tengah Wabah Corona, Amankah?

5 April 2020   15:05 Diperbarui: 6 April 2020   12:07 776 8 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengalaman Jogging di Tengah Wabah Corona, Amankah?
Jogging atau berolahraga di luar ruangan ketika wabah corona amankah? | Sumber: nd3000 via kompas.com

Aktivitas jogging merupakan aktivitas wajib bagi sebagian orang di hari Minggu dan hari libur. Ada sesuatu yang kurang jika dalam seminggu tidak melakukan jogging. Namun apa boleh buat, di tengah pandemi Covid-19 ini imbauan agar tetap di rumah harus dilakukan.

Tapi apa iya betah berlama-lama di rumah. Lantas kapan olahraga di luarnya?

Sebelum virus Covid-19 merajalela, jogging track pada car free day Minggu di sekitar Universitas Indonesia adalah lokasi yang pas bagi mereka yang berdomisili di sekitar Depok. 

Jogging track di sana biasanya akan dipenuhi manusia dari segala usia, mulai dari yang kecil sampai tua. Apalagi Universitas Indonesia dikelilingi pohon rindang dan hutan lindung, sesuatu yang sangat sulit ditemukan di Jabodetabek.

Berbeda ketika jogging di kawasan pusat Jakarta, pemandangan kiri kanan hanya sebuah gedung pencakar langit. Sensasi jogging di Universitas Indonesia ini didukung fasilitas penyewaan sepeda biasa maupun sepeda listrik. 

Bagi mahasiswa aktif Universitas Indonesia bahkan digratiskan untuk menyewa sepeda selama tiga puluh menit pertama. 

Ketika Covid-19 mulai mewabah. Universitas Indonesia semakin sepi karena semua aktivitas perkuliahan dilakukan secara daring melalui berbagai aplikasi. 

Tak hanya di lingkungan kampus, perkampungan dan kos-kosan di sekitarnya juga sepi bagai kota mati. Seolah-olah semua mahasiswa sudah mudik ke kampung halamannya.

Suasana UI jogging track sebelum dan sesudah pandemi Covid-19| Sumber: dokumentasi pribadi
Suasana UI jogging track sebelum dan sesudah pandemi Covid-19| Sumber: dokumentasi pribadi
Waktu Covid-19 mewabah, saya diajak seorang teman yang belum mudik ke kampung halamannya untuk jogging di hari Minggu di sekitar UI. Awalnya saya takut namun setelah membaca berbagai referensi, saya sedikit berani. 

Pertama, jogging di tengah pandemi tidak berbahaya asalkan mereka tetap mengenakan masker ketika jogging. Agak lucu memang, jogging kok memakai masker, apa tidak kesulitan bernapas? Namun apa boleh buat, daripada tidak jogging sama sekali. 

Waktu itu beberapa orang yang kutemui saat jogging juga menggunakan masker sama seperti saya dan teman saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x