Mohon tunggu...
Musafar
Musafar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Anak Desa

Menulislah ,,,,🌺🌺

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menulis sebagai Bentuk Ekspresi Diri

6 Januari 2022   12:19 Diperbarui: 6 Januari 2022   12:39 248 22 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menulis. Gambar via Pixbay

Menulis adalah seni dalam mengekspresikan diri. 

Kiranya setiap kali menggores suatu tulisan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hal tersebut sebenarnya bisa dibantah karena menulis adalah keterampilan yang semua orang pun bisa. 

Menulis apapun itu kenapa tidak bisa. Hanya mereka yang tidak memiliki tangan baru boleh dikatakan tidak bisa menulis. Lagi gabut, yah coret semua kegabutan mu, lagi bimbang yah tulis kebimbangan mu dan engkau yang mengekspresikan dirimu, bukan mereka.

Pertanyaan yang kerap muncul adalah Bagaimana caranya menulis dan menyusun kata-kata?

Jawabannya sederhana saja yakni sering Membaca dan Menulis. Tidak mesti tunggu adagium atau apapun itu untuk menggelorakan semangat menulis. Penyakit kronisnya itu tidak mau mencoba sebenarnya. Dia yang mau menulis berarti harus mau mencoba. 

Cobalah hal-hal kecil dari lingkungan sekitar kita. Sangat absurd jika di kehidupan kita ini tidak ada sesuatu yang kita bisa tulis. Perasaan kita sekalipun bisa kita tuangkan dalam bentuk tulisan. 

Ketika kita senang, galau, bimbang, duka ataupun lara semestinya kita bisa tulis. Bermula dari goresan sederhana pasti berubah menjadi indah. Cobalah di saat-saat tertentu, buka semua lembaran lembaran tulisan yang telah kita tulis, pastinya kita akan mendapatkan kesan bermakna darinya. Cobalah.

Jika misalkan kita malas menulis di lembaran atau buku diary, itu bisa disiasati dengan aplikasi bawaan yakni memo, yang ada di gaway kita masing-masing. Apa sih gunanya itu kalau bukan untuk menampung tulisan kita. Jangan cuman list tugas mata kuliah atau mata pelajaran doang itu memo.

Dari itu kita bisa manfaatkan untuk menyalin tulisan kita tersebut lalu kita share di media sesuai minat kita masing-masing. Saat ini media online ada dimana-mana, media yang khusus menampung tulisan warga juga beberapa macam, tapi penulis ingin merekomendasikan bahwa Kompasiana adalah wadah untuk menampung semua isi pikiran, perasaan, atau pengalaman seorang penulis. Ini bukan promosi, tapi ini nyata adanya. 

Kita seharusnya bebas berekspresi, bebas menuangkan gagasan dan pemikiran, tapi biasa dalam forum-forum diskusi kita sering kali amat skeptis atau takut dalam mengutarakan pendapat, maka solusi sederhananya adalah tuliskanlah.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan