Mohon tunggu...
Muslim Amiren
Muslim Amiren Mohon Tunggu... Seorang futurist, easy going, dan berharap hidupnya bermanfaat banyak bagi diri, keluarga dan masyarakat sekitar

Dosen FMIPA, Jurusan Informatika. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh. Usaha: NTA TOUR TRAVEL (tour operator dari Aceh untuk Dunia) Visi: Menjadi rahmatan lil Indonesiain. Misi: Menulis, merawat ingatan, melawan lupa. Hp/WA: 085277224606, email: ntatourtravel@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Muda

Unsyiah Kembali Gelar Jobfair & Eduexpo

10 Oktober 2016   10:14 Diperbarui: 10 Oktober 2016   10:25 111 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Unsyiah Kembali Gelar Jobfair & Eduexpo
Cari kerja (sumber: www.hipwee.com)

Setelah sukses dengan Konferensi Internasional AIC-ICMSA & AIC-Expo minggu lalu, Unsyiah kembali membuat gebrakan. Minggu ini, kampus berakreditasi A ini akan menyelenggarakan bursa kerja dan pameran beasiswa. Kegiatan ini dikemas dengan nama JobFair & EduExpo 2016, dilaksanakan oleh Career Development Centre (CDC) di AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Even ini hanya berlangsung dua hari saja 12-13 Oktober 2016.  Ketua CDC Unsyiah, Dr. Farid Mulana mengatakan, CDC dulunya bernama Pusat Jasa Ketenagakerjaan, dibentuk untuk menghubungkan antara alumni dan dunia kerja, salah satunya melalui kegiatan Job Fair dan EduExpo ini. Bagi yang ingin mengikuti rekrutmen kerja atau mendapat informasi beasiswa, serta mendengar pengalaman mereka yang telah sukses, silakan datang. Terbuka dan gratis untuk masyarakat umum.

Kegiatan JobFair & EduExpo 2016 ini tidak hanya mengakomodir lulusan Unsyiah, tetapi juga alumni institusi lain, mulai dari SLTA, S1 dan S2. Banyak perusahaan yang akan hadir dan melakukan seleksi langsung calon karyawannya, diantaranya PT. Semen Indonesia, DataScrip,  PT. Wings, Paragon, Bank BTPN Syariah dan banyak lainnya. Dr. Farid Mulana menambahkan, Job Fair kali ini dipadukan dengan EduExpo (Pameran Beasiswa). Ini suatu ajang dimana para penyedia/pemberi beasiswa dan lembaga pengurusan beasiswa hadir memberi informasi yang detil dan menjawab pertanyaan-pertanyaan langsung dari calon penerima beasiswa. Lembaga tersebut antara lain LPSDM Aceh, Campus France, Erasmus Mundus, Education USA, Taiwan Scholarship, OIA Unsyiah dan Kampung Inggris. Kegiatan ini turut didukung oleh Harian Serambi Indonesia, The Globe Journal dan Radio Oz FM.  

Banyak keuntungan di event ini. Bagi perusahaan, mereka berpeluang mendapatkan kandidat karyawan fresh graduatedengan kualifikasi tinggi, karena dilakukan paska wisuda. Bagi lulusan, mereka mendapatkan peluang bekerja di perusahaan-perusahaan bonafide. Sejumlah perusahaan nasional akan merekrut tenaga kerja secara langsung di tempat (walk in interview)ataupun seleksi beberapa hari setelah job fair. Contohnya, sebuah perusahaan semen nasional yang akan membangun pabrik semen di Pidie, membutuhkan tenaga kerja selama pengerjaan pabrik sejak 2017 hingga 2020. Kemudian, ada juga salah satu Foundation yang akan melakukan seleksi bagi tenaga kerja yang akan bekerja di Jepang. Selain itu, hadir juga Disnakermobduk Aceh dan BLKI yang akan merekrut lulusan untuk dilatih kembali agar mereka dapat bekerja di dunia industri, khususnya menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Menariknya, akan ada sesi berbagi pengalaman menarik dan stand up comedy dari mereka yang telah sukses bekerja atau kuliah dengan beasiswa di Luar Negeri.

Dapat kerja, dapat duit (Sumber: www.kilasdara.com)
Dapat kerja, dapat duit (Sumber: www.kilasdara.com)
Sebagai informasi tambahan, saat ini CDC-Unsyiah sedang menuntaskan seleksi pegawai PT. Pertamina. Awal tahun ini, CDC telah menyeleksi 5700 peserta pendamping desa untuk Kementrian Desa dan Daerah Tertinggal. Setelah Job Fair nanti, CDC kembali membantu rekruitmen fresh graduate yang baru lulus dan Profesional yang telah bekerja 3-5 tahun untuk salah satu perusahaan petrokimia. Bahkan, bulan November nanti CDC akan membantu Pemerintah Aceh Jaya melakukan Jobfair di Calang dengan target peserta perusahaan-perusahaan yang bergerak di kawasan Barat-Selatan Aceh. Bagi yang ingin mendapatkan update informasi peluang kerja, silakan mendaftar sebagai member CDC-Unsyiah.

Untuk menjadi member CDC-Unsyiah, tidak harus lulusan Unsyiah. Lulusan mana saja boleh. Bagi para member, selain mendapat update informasi kerja, mereka juga mendapatkan pendampingan dan training seperti Pelatihan Public Speaking, Teknik Membuat CV, Teknik Menghadapi Wawancara dan kegiatan menarik lainnya. Pendaftaran dapat dilakukan di kantor CDC Unsyiah. Alamatnya: Gedung AAC Lt.2, Ruang Flamboyan, Kampus Unsyiah – Darussalam, Banda Aceh. Lebih 1000 member telah teregistrasi. Informasi tentang syarat dan ketentuannya dapat di lihat di website www.cdc.unsyiah.ac.id, facebook cdc.unsyiah atau twitter @cdcunsyiah atau kirim email ke cdc@unsyiah.ac.id dan WA 081262123457. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x