Mohon tunggu...
Murti Pujiwati
Murti Pujiwati Mohon Tunggu... -

-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Covid 19 Merebak, Mahasiswa UNDIP Laksanakan KKN Pulang Kampung dengan Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

14 Agustus 2020   18:08 Diperbarui: 14 Agustus 2020   18:24 15 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Covid 19 Merebak, Mahasiswa UNDIP Laksanakan KKN Pulang Kampung dengan Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
Pemberian edukasi kepada para pekerja jalanan

MAGELANG UTARA (12/08) -- Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Pelaksanaan KKN biasanya dilakukan secara berkelompok di desa-desa yang telah ditentukan oleh Universitas. Namun pelaksanaan KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2020 ini berbeda dengan sebelumnya karena adanya Pandemi Covid-19. Pelaksanaan KKN pada tahun ini dilakukan secara mandiri dan berlokasi di wilayah domisili masing-masing mahasiswa dengan mengusung konsep KKN Pulang Kampung. Pelaksanaan KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2020 ini dimulai pada tanggal 5 Juli 2020 hingga 15 Agustus 2020, dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)". Dalam melaksanakan KKN kali ini, mahasiswa diharapkan tetap mematuhi protokol Kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Kota Magelang menjadi salah satu daerah yang menjadi persebaran mahasiswa Universitas Diponegoro untuk melaksanakan KKN. Dimana di Kota Magelang terdapat 19 mahasiswa yang melaksanakan KKN di tiga kecamatan. Bappeda Kota Magelang memberikan respon positif dengan adanya pelaksanaan KKN ini. Selain itu, juga memberikan izin kepada mahasiswa Universitas Diponegoro untuk melaksanakan kegiatan KKN di Kota Magelang sesuai dengan wilayah kecamatan masing-masing.

Kecamatan Magelang Utara menjadi lokasi KKN yang akan dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro. Program yang akan dilaksanakan yaitu Pemberian Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Era New Normal dan Pembagian Handsanitizer. Pelaksanaan program edukasi ini ditargetkan kepada para pekerja jalanan yang ada di wilayah Magelang Utara seperti tukang becak, tukang parker, tukang sapu jalanan, dan lain-lainnya.

Poster yang digunakan untuk edukasi
Poster yang digunakan untuk edukasi

Program tersebut dilakukan untuk lebih mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap melakukan dan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat di era new normal ini untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus Covid 19. Selain itu, juga mengedukasikan mengenai protokol kesehatan yang harus tetap dijalankan selama new normal ini. Tidak hanya memberikan edukasi kepada para pekerja jalanan, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro juga membagikan handsanitizer yang diproduksi sendiri oleh mahasiswa dengan petunjuk dari WHO. Program ini dilaksanakan selama tiga tahap dengan lokasi yang berbeda-beda pada setiap tahapnya tetapi masih dalam lingkup wilayah Kecamatan Magelang Utara.

Tidak hanya melakukan program edukasi terkait Covid 19, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2020 juga melakukan edukasi kepada pemilik usaha kecil yang terdampak dengan adanya Covid 19 ini. Program yang dilakukan yaitu dengan memberikan edukasi mengenai pemanfaatan e-commerce untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, mahasiswa juga mengajarkan cara menyusun pembukuan sederhana yang tentunya dapat bermanfaat bagi pemiliki usaha kecil untuk lebih dapat mengembangkan usahanya. Program ini juga sekaligus memberikan mini modul mengenai pemanfaatan e-commerce bagi pemiliki usaha kecil yang diharapkan dapat membantu pengembangan usahanya.

Setelah dilaksanakannya kedua program tersebut, diharapkan masyarakat menjadi lebih sadar dan tetap menjaga perilaku hidup sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah sehingga dapat membantu untuk mengurangi penyebaran dan penularan virus Covid 19. Selain itu, juga diharapkan bagi para pemiliki usaha kecil dapat bangkit dan mampu mempertahankan bisnisnya ditengah pandemi ini.

VIDEO PILIHAN