Mohon tunggu...
Murni Rusdiana
Murni Rusdiana Mohon Tunggu... Ini...

Gelas kosong

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Self Diagnosis Bikin Miris

15 November 2020   04:30 Diperbarui: 15 November 2020   05:09 259 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Self Diagnosis Bikin Miris
sharethis.com

Perkembangan teknologi yang menawarkan berbagai kemudahan dalam mencari informasi membuat masyarakat semakin terlena. Pencarian informasi dengan mudahnya bisa didapatkan dalam genggaman. Tidak jarang ditemukan masyarakat yang salah kaprah dalam mengartikan informasi yang didapatkan. Salah satu contohnya adalah kekeliruan dalam menangkap informasi seputar kesehatan.

Berdasarkan data dari beberapa sumber didapatkan fakta bahwa pengguna internet di Indonesia hingga kuartal II 2020 mencapai 196,7 juta orang. Beberapa diantaranya ketika mengalami gejala tertentu berinisiatif mencari tahu penyebab dan cara menanganinya melalui internet. Sebagian besar tidak menindaklanjuti informasi yang telah didapat dengan bertanya kepada ahli atau bahkan memeriksakan diri. Mirisnya, pencarian tersebut tidak diiringi dengan penyaringan kebenaran informasinya. Peristiwa seperti inilah yang kemudian memunculkan self diagnosis.

Self diagnosis adalah tindakan seseorang untuk mendiagnosa diri mengalami suatu penyakit atau gangguan dengan mencari dan menerima informasi secara mandiri menggunakan sumber seperti internet. Pada dasarnya, self diagnosis dilakukan ketika seseorang merasa ada sesuatu yang salah dengan dirinya. Hal ini terkadang dilakukan oleh orang-orang karena merasa takut terhadap diagnosis dari dokter.

Self diagnosis termasuk dalam tindakan yang cukup fatal dampaknya. Beberapa dampak dari self diagnosis diantaranya:

  • Orang yang sebenarnya baik-baik saja bisa terkena gangguan psikologis karena terlanjur cemas dengan hasil diagnosanya sendiri.
  • Rawan kesalahan dalam penanganan dan pengobatan.
  • Self diagnosis dapat memperparah kondisi kesehatan yang terlambat ditangani oleh profesional atau ahli dalam bidangnya.

Pada dasarnya diagnosis perlu dilakukan oleh professional, maka dari itu ketika mengalami gejala yang cukup mengkhawatirkan sebaiknya kita tidak menelan mentah-mentah informasi yang didapatkan dari internet. Menelan secara mentah-mentah bisa saja membuat kita mengalami bias dalam berpikir. Apabila telah mendapatkan informasi dari internet yang cukup mirip dengan gejala yang dialami sebaiknya kita tetap memeriksakan diri dan menanyakan kebenaran informasi yang didapat dari sumber lain.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x