Muri Setiawan
Muri Setiawan Wartawan

Wartawan wowbabel.com, portal media lokal Bangka Belitung. Pernah bekerja di Bangka TV, Sarana TV, Koran Babel, TVRI, Koran Kite dan Klik Babel.

Selanjutnya

Tutup

Muda Pilihan

Kreatif, Fotografer Lelang Foto Bantu Veteran Kemerdekaan

13 November 2017   17:09 Diperbarui: 13 November 2017   17:26 388 1 0
Kreatif, Fotografer Lelang Foto Bantu Veteran Kemerdekaan
Pameran foto. (maulana/KOMFOS)

"Kids Zaman Now!", kata-kata yang tengah viral di jagat dunia maya beberapa bulan terakhir.

Kata tersebut, oleh sebagian orang dianggap sesuatu hal yang identik dengan hal-hal 'nyeleneh'.

Namun, di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, "Anak Muda Zaman Now" yang menamakan diri mereka KOMFOS (Komunitas Fotografer Sungailiat), melakukan kegiatan yang sangat menginspirasi.

Pameran Foto. (maulana/KOMFOS)
Pameran Foto. (maulana/KOMFOS)

Kali ini, KOMFOS berhasil melelang Sembilan Foto milik anggota komunitas pada acara Lelang Foto Amal yang digelar Sabtu malam (11/11/17) di De'Locomotief Pantai Tongaci Sungailiat kabupaten Bangka, provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sembilan Foto tersebut yakni karya berjudul Sunrise Turun Aban hasil jepretan Meirdiansyah dan terlaku terjual senilai Rp1 juta yang dibeli Ismir, Burung Kedidi Merah Hasil Karya Zainal Abdi dan laku terjual seharga Rp. 1,1 jt, yang dibeli oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka, Foto dengan judul Usia Mukini Hasil Karya Elvianto Laku Terjual seharga Rp. 1 juta yang dibeli oleh Waka Polres Bangka.

Lelang Foto. (maulana/KOMFOS)
Lelang Foto. (maulana/KOMFOS)

Foto Terminal karya Ari Ekot laku terjual seharga Rp. 1 Juta yang dibeli oleh Kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka, Foto Puri Triagung karya Meirdiasyah dan laku terjual senilai Rp. 1 Juta yang dibeli oleh Sian Sugito.

Sedangkan dua foto dengan judul Camui dan Lobang Kehidupan laku terjual seharga masing-masing Rp. 1 juta yang dibeli oleh satu orang yakni Pemilik Green Zone.

Foto dengan judul De'Locomotief hasil karya Meirdiansyah dibeli oleh Sian Sugito seharga Rp. 1,2 Juta, foto yang berjudul Bagan hasil karya Taufiq Hidayat dibeli oleh Sian Sugito dengan harga Rp. 1,1 juta.

Pameran Foto. (maulana/KOMFOS)
Pameran Foto. (maulana/KOMFOS)

Zulfani selaku Ketua kegiatan bagian Lelang Foto Amal mengatakan, sebesar 70 persen hasil pejualan Lelang Foto tersebut nantinya akan diserahkan langsung kepada salah satu veteran pejuang kemerdekaan yang ada di kabupaten Bangka.

"Alhamdullilah, Sebanyak 9 Foto hasil karya kawan-kawan Fotografer Sungailiat laku terjual, kita juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung dan tamu undangan yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan Lelang Foto amal kita ini, dan sebesar 70 persen dari hasil penjualan foto kita ini nanti kita akan serahkan langsung kepada bapak Pandi Supari (Veteran), kita akan datang ke rumahnya dan akan kita serahkan langsung," ungkap Zulfani.

Workshop Fotography. (maulana/KOMFOS)
Workshop Fotography. (maulana/KOMFOS)

Senada, Ketua Komunitas Fotografer Sungailiat, M. Maulana mengatakan, selain kegiatan Lelang Foto, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November kemarin, pihaknya juga mengadakan Pameran foto dan workshop Photography tingkat Pelajar di De'Locomotie Pantai Tongaci Sungailiat Bangka.

Workshop Photography kali ini, bekerjasama dengan Komunitas Wartawan Bangka (KWB) sebagai pemberi materi.

"Untuk pameran foto kita laksanakan selama 3 hari, dimulai dari hari Jum'at (10/11/17) hingga Minggu malam (12/11/17), untuk workshop Sabtu pagi kemarin (11/11/17) sebanyak 45 orang pelajar dari tingkat SMK/SMA yang ada disungailiat juga tampak antusias mengikuti Workshop Photography. Bahkan Guru pendamping dari salah satu Sekolah yang ikut sebagai peserta juga berharap kita (KOMFOS) agar sering menggelar kegiatan yang serupa. Tapi itu mungkin sebagai masukan buat kita juga, setidaknya pihak sekolah sangat mendukung kegiatan yang kita lakukan," ungkap Maulana.

Maulana juga mengucapkan terima kasih kepada pemilik tempat, bapak Sian Sugito, yang sudah mendukung kegiatan Pameran dan Lelang Foto serta Workshop Photography hingga kegiatan berjalan sukses.

"Kami juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemilik  De' Locomotief yang sudah memberikan kami tempat untuk menggelar kegiatan yang kami lakukan, dan dan pihak pemilik tempatpun mengharapkan kegiatan yang kami lakukan ini agar secara rutin dilaksanakan," tambahnya.

Dikatakan Maulana, dalam waktu dekat, KOMFOS juga akan kembali menggelar Pameran Foto seperti ini.

"Mungkin 2018 nanti kita akan mengadakan pameran Foto kembali, rencananya di Taman Hiburan Rakyat (THR) dan di De'Locomotief kembali," pungkasnya.

Anggota KOMFOS. (maulana/KOMFOS)
Anggota KOMFOS. (maulana/KOMFOS)