Mohon tunggu...
Yantowong
Yantowong Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Obat Alami Diabetes Melitus yang Manjur

4 Agustus 2016   14:34 Diperbarui: 8 Agustus 2016   15:06 978 0 0 Mohon Tunggu...

Obat alami diabetes melitus - Kencing manis atau yang didalam dunis kedokterannya dikenal dengan sebutan penyakit diabetes mellitus ini dapat terjadi dimana tubuh tidak mampu mengubah makanan menjadi energi akibat gangguan metabolisme yang terjadi didalam tubuh. Biasanya gangguan ini bersifat kronis, yakni dapat berlangsung terjadi dalam jangka panjang atau gejalanya tidak bisa di rasakan atau di ketahui dalam waktu yang sebentar. 

Diabetes juga dapat di bedakan atas 3 macam, yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan juga gestational diabetes. Umumnya tubuh itu mengolah gula dan karbohidrat dalam makanan untuk di ubah menjadi glukosa. Glukosa merupakan suatu zat yang bermanfaat untuk memberi energi pada tubuh. Glukosa itu di rubah menjadi energi didalam aliran darah melalui bantuan insulin dan hormon, namun sayangnya pengidap penyakit diabetes mellitus tidak mampu menghasilkan insulin dengan baik di pankreas. 

Yang mana dengan adanya gangguan produksi insulin pada pankreas ini mengakibatkan tubuh tidak mampu merubah glukosa menjadi energi yang bermanfaat untuk tubuh. Dengan begitu, glukosa yang tidak terubah menjadi energi itu akan tertumpuk didalam darah pengidap penyakit diabetes mellitus, itulah yang mengakibatkan meningginya kadar glukosa didalam darah. Penumpukkan glukosa yang notabene ini menjadi sebuah awalan penyebutan penyakit kencing manis di kalangan masyarakat. Sehingga pada akhirnya penyakit kencing manis (diabetes mellitus) ini menjadi faktor penyebab munculnya penyakit lain seperti gangguan ginjal, penyakit jantung, stroke, persoalan pada indera penglihatan & gangguan saraf pada kaki.

Gejala Yang Timbul dari Penyakit Diabetes Mellitus

  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil.
  • Urin yang keluar saat buang air kecil cukup banyak.
  • Tubuh terasa gampang lelah dan kekurangan tenaga.
  • Terus merasa kehausan.
  • Menurunnya berat badan secara drastis.

Penyebab Diabetes Mellitus Tipe 1

Diabetes tipe 1 di yakini sebagai penyakit autoimun, yang dimana sistem imun (kekebalan) tubuh sendiri dengan jelas menyerang & merusak sel-sel pembuat insulin yang ada dalam pankreas. Terjadinya autoimun ini belum di ketahui secara jelas, akan tetapi dengan adanya bukti-bukti menunjukkan bahwa faktor keturunan & lingkungan seperti infeksi virus tertentu ikut berperan dalam prosesnya. Meskipun penyakit diabetes mellitus tipe 1 berkaitan dengan faktor keturunan, akan tetapi faktor keturunan mempunyai banyak peranan pada kasus penyakit diabetes tipe 2.

Penyebab Diabetes Mellitus Tipe 2

Penyakit diabetes mellitus tipe 2 di terka terjadi di akibatkan oleh gabungan antara faktor keturunan dan lingkungan. Banyak pengidap penyakit diabetes mellitus tipe 2 mempunyai anggota keluarga yang juga mengidap diabetes tipe 2 / persoalan kesehatan lain yang berkaitan dengan penyakit diabetes, seperti kadar kolesterol yang tinggi, hipertensi (tekanan darah tinggi) atau karena mengalami obesitas (kelebihan berat badan). Keturunan ras Afrika, Hispanik dan Asia mempunyai resiko lebih besar untuk mengidap penyakit diabetes mellitus tipe 2. Sementara faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap resiko mengidap penyakit diabetes mellitus tipe 2 ialah makanan dan aktivitas fisik dalam sehari-hari.

Dibawah ini ada beberapa faktor resiko yang membuat seseorang mengidap penyakit diabetes mellitus tipe 2, antara lain :

  • Mempunyai anggota keluarga ini yang mengidap diabetes mellitus tipe 2 (seperti orang tua, kakak atau adik).
  • Mempunyai tekanan darah tinggi (hipertensi) mencapai lebih dari 140/90 mm Hg.
  • Dislipidemia, Mempunyai kadar lemak (trigliserida) didalam darah yang tinggi, mencapai lebih dari 150 mg/dl atau mempunyai kadar kolesterol baik (HDL) kurang dari 40 mg/dl.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan tinggi kalori.
  • Mempunyai berat badan berlebih (obesitas), yaitu berat badan lebih 120% dari berat tubuh ideal.
  • Faktor umur, yang dimana resiko mulain menaik dengan signifikan pada umur 45 tahun.
  • Riwayat mengidap diabetes gestational / riwayat melahirkan bayi dengan berat lahir lebih dari 4.500 gram.
  • Riwayat mengidap polycystic ovarium syndrome, yang dimana juga terjadi resistensi insulin.

Kencana Ungu / Pletekan

Mungkin, masih ada sebagian besar orang yang merasa asing dengan nama tanaman yang satu ini. Akan tetapi, sebagian besar orang pasti sudah melihat tanaman ini secara langsung, tapi sangat tidak di sangka sebelumnya bahwa tanaman yang satu ini mempunyai manfaat yang begitu besar untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini mempunyai banyak sekali sebutan di antaranya, di Jawa tanaman ini sebut dengan Ruellia Tuberosa L, Pletekan, Pletikan, Ceplikan. Sedangkan di Lampung, tanaman ini disebut juga dengan Kencana Ungu, Pletekan, dan Ceplesan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x