Mohon tunggu...
Mita
Mita Mohon Tunggu... Administrasi - -

Just share my thoughts

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Penipu yang Mencuri Saldo Gojek

8 Mei 2019   18:51 Diperbarui: 8 Mei 2019   19:19 1750
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya ingin cerita pengalaman saya  yang pas banget lima hari yang lalu saya baru saja kena tipu. Ya, saya kena phising pada akun Gojek saya. Phising itu sendiri adalah melakukakn penipuan dengan cara menjebak agar bisa membajak akun seseorang untuk mengambil keuntungan yang berhubungan dengan finansial. Jadi kalau punya akun bank, mBanking, E-Wallet anda sendiri yang diambil alih oleh orang lain berarti anda kena phising.

Jadi cerita saya jadi korban phising ini ketika hari jumat siang tanggal 3 Mei 2019 saya dengan dua rekan kantor ingin pergi makan siang saya memesan taksi online Gocar. Saya pun mendapatkan driver dan langsung saya chat si driver di ruang chat langsung dari aplikasi Gojek. Chat saya yang terkirim hanya bercentang satu dan tidak ada respon dari driver. 

Driver juga tidak menelepon. Sampai akhirnya terlanjur mendapatkan kendaraan lain yaitu bajai terpaksa saya harus cancel. Saat ingin cancel saya bingung karena di aplikasi tidak ada tautan klik untuk cancel. Saya takut nanti saya tidak ada di tempat tapi drivernya datang, saya harus cancel tapi tidak bisa. Driver pun tidak bisa dihubungi. Dalam kebingungan tiba-tiba saya ditelepon oleh nomor tak dikenal (0812xxxx7262) yang mengatas namakan dari pihak Gojek untuk menolong saya. 

Awalnya dia mengetahui masalah saya dan memberitahukan bahwa saya kena tipu oleh driver nakal yang menipu customer dengan tujuan untuk menarik gopay customer. Kemudian orang di balik telepon tersebut ingin membantu saya. "Dengan Bu Mita ya ? saya dari Gojek bu. Ibu tadi pesen Gocar ya? Bu saya infokan bahwa driver yang ibu pesan tadi adalah penipu. Dia modus Cuma untuk narik gopay ibu aja, padahal dia ga pick up, mangkanya ibu ga bisa cancel...Ibu mau saya bantu ya biar saldo gopay ibu ga kepotong". 

Saya ga langsung mengiyakan. Telepon saya tutup begitu saja karena kondisi saya juga sedang agak repot. Beberapa saat kemudian nomor yang sama menelepon saya lagi membicarakan hal yang sama yaitu menawarkan pertolongan. Mungkin saat itu saya sedang bingung jadi saya ikuti. 

Si penelepon memberi instruksi bahwa saya akan menerima sms dari Gojek berupa kode verifikasi, dan benar detik itu saya menerima pesan singkat resmi dari Gojek dan saya sebutkanlah kode rahasia itu kepada si penelepon kemudian si penelepon "membimbing" saya lagi memberitahukan akan ada sms lagi dari Gojek dan minta disebutkan lagi kode yang dikirim dari Gojek. Seketika itu saya langsung tersadar kenapa saya harus turuti dia, turuti nomor handphone biasa. 

Langsung saja saya tutup telepon dan matikan handphone. Saya takut terhipnotis. Di situ saya tambah was-was karna sudah memberikan kode yang seharusnya tidak saya berikan kepada orang lain.

screenshot-20190503-204322-gojek-5cd2ba9695760e139776b4a8.jpg
screenshot-20190503-204322-gojek-5cd2ba9695760e139776b4a8.jpg

Satu jam kemudian saya hidupkan handphone. Saya buka aplikasi Gojek saya, ada notif bahwa Driver Gocar yang tadi saya pesan telah selesai mengantar saya, dan saya lihat saldo gopay saya berkurang Rp22.000 sesuai tarif gocar yang saya order. Wah saya kesal berarti si driver memang penipu. Kemudian selang 2 jam kemudian saya mendapatkan notif lagi bahwa saldo saya Rp22.000 yang hilang sudah kembali lagi. 

Di sini saya lega masalah sudah beres. Di situ saya masih berfikir saya tadi menjadi korban tipu oknum driver gocar atau si penelepon tak dikenal ya. Tapi perkataan si penelepon benar gopay saya akhirnya kembali.

Malamnya saya baru tersadar bahwa akun gojek saya telah dibajak pada saat saya mendapatkan notifikasi bahwa saya telah sukses membeli pulsa melalui GoPulsa. Saya ga ada pesan pulsa lewat aplikasi Gojek. I'll make sure that. Langsung saya cek akun gojek saya, bahwa saya telah melakukan pembelian pulsa ke nomor XL 0818xxxx9118 sebesar Rp50.000. Kemudian saya cek akun saya ternyata sudah terhubung oleh 3 perangkat lain yang tidak saya kenal. 

Fix akun saya digunakan orang dan gopay saya dislahguanakan oleh si penipu. Tak sabar saya ingin menelepon customer service Gojek. Teringat tadi siang saya memberikan kode rahasia kepada penelepon tak dikenal. Sangat menyesal sekali kenapa bisa saya lakukan hal itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun