Mohon tunggu...
Murdaning Sonia
Murdaning Sonia Mohon Tunggu... Sonia, mahasiswa KKN UNNES

Domisili. : Semarang Hobi : Traveling

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Kreativitas Mahasiswa KKN UNNES Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Lowa melalui Pelatihan "Lurah dan Brokaca"

9 November 2019   09:46 Diperbarui: 9 November 2019   09:50 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kreativitas Mahasiswa KKN UNNES Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Lowa melalui Pelatihan "Lurah dan Brokaca"
dokpri

Dokumentasi kegiatan Lurah (Lukis Gerabah)

dokpri
dokpri
Dokumentasi kegiatan Brokaca  (Bros Kain Perca)

PEMALANG- mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang membuat Lurah dan Brokaca (lukis gerabah gerabah dan mengolah kain perca). Hal ini terungkup dalam sosialisasi di balai Desa Lowa, Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang, Minggu (27/10/2019). 

Menurut hasil survei dari mahasiswa KKN UNNES Keberadaan gerabah menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat Desa Lowa, namun karena gerabah yang di produksi kurang menarik daya minat pembeli oleh karena itu mahasiswa KKN UNNES berinisiatif untuk menghias gerabah agar menjadi produk yang lebih menarik untuk meningkatkan daya jual.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas, meningkatkan nilai jual serta daya saing tehadap pasar dan mengurangi tingkat pengangguran di Desa Lowa. Sasaran program ini adalah masyarakat Desa Lowa. Kegiatan ini dimulai dengan mencari pengrajin yang masih aktif dalam pembuatan gerabah untuk bekerjasama dengan mahasiswa KKN UNNES, untuk memulai mengkreasikan lukis gerabah dengan membuat pola atau gambar sesuai imajinasi masyarakat contohnya seperti gambar hewan, gambar bunga dan lain-lainnya. Hasil yang dicapai masyarakat yaitu keterampilan dan mampu memperindah hasil gerabah pengrajin di Desa Lowa.

Selain produksi gerabah, masyarakat juga berkecimpung pada bidang konveksi. Namun sangat disayangkan limbah berupa kain perca belum dikelola dengan maksimal. Padahal memanfaatkan kain perca menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual ekonomi tinggi bisa secara langsung meningkatkan perekonomian masyarakat serta menjaga lingkungan lebih lestari.

Selain memberikan pelatihan menghias gerabah, mahasiswa KKN UNNES juga memberikan pelatihan kepada warga Desa Lowa tentang pembuatan kerajian berbahan dasar kain perca. Pelatihan ini dilakukan karena masyarakat menganggap kain perca sebagai limbah yang kurang bermanfaat. Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan minat masyarakat desa untuk memulai sebuah usaha baru. Pelatihan yang diberikan kepada warga dalam pemanfaatan kain perca yaitu pembuatan bros dengan berbagai motif salah satunya motif bunga, pita dan lain-lainnya.

Pelatihan pembuatan bros dimulai dengan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK tentang tata cara serta model yang akan dibuat menjadi bros, kemudian ibu-ibu diberikan kesempatan untuk mengelompok serta mengerjakan bros sesuai dengan alat dan bahan yang telah disediakan oleh mahasiswa KKN. Setelah membuat bros, ibu-ibu diarahkan untuk menghias gerabah sesuai dengan motif yang diarahkan oleh mahasiswa KKN secara berkelompok. Acara ditutup dengan foto bersama dan memamerkan hasil karya dari masing-masing kelompok yang akan dipamerkan dalam acara expo di taman kota Comal pada tanggal 10 November 2019.  

dokpri
dokpri

Hasil kreasi Brokaca (Bros Kain Perca) ibu-ibu PKK

Harapan dari terlaksananya program ini adalah dapat meningkatkan nilai jual gerabah dan memanfaatkan  kain perca yang ada sehingga dapat menjadi peluang usaha dalam upaya meningkatkan perekonomian  bagi masyarakat Desa Lowa.

Penulis: Tim KKN