Mohon tunggu...
Muntayamah FPIK
Muntayamah FPIK Mohon Tunggu... S1- Manajemen Sumberdaya Perairan | KKN Tim II UNDIP | Dosen pembimbing : Ir. Sutrisno,MP | Kecamatan Penjaringan,Jakarta Utara | DKI Jakarta

مَنْ جَدَّ وَجَدَ

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa UNDIP Menggandeng Polri untuk Mengkampanyekan Gerakan Makan Ikan

10 Agustus 2020   13:52 Diperbarui: 10 Agustus 2020   14:12 9 0 0 Mohon Tunggu...

Kapuk Muara, Jakarta Utara (28/7/2020), Berdasarkan survey yang dilakukan, wilayah Jakarta Utara merupakan daerah pesisir yang memiliki potensi perikanan yang melimpah. 

Namun, tingkat konsumsi ikan di masyarakat masih rendah. Mahasiswa UNDIP melakukan distribusi olahan ikan kepada masyarakat dan memberikan edukasi mengenai pentingnya mengkonsumsi ikan saat pandemi. 

Pendistribusian olahan ikan ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku yaitu menggunakan masker, sarung tangan dan tetap jaga jarak. Warga RW 05 Kelurahan Kapuk Muara menyambut baik dan warga sangat antusias dengan edukasi mengenai manfaat mengonsumsi ikan di masa pandemi. Kegiatan ini beriringan dengan pembagian makanan dari dapur umum BRIMOB POLRI Resimen I.

Mahasiswa undip yang melaksanakan program ini menamainya dengan program GEMAS (Gerakan Makan ikan untuk meningkatkan Imunitas). Gerakan ini dimulai dengan melakukan wawancara kepada pengusaha ikan yang mengalami penurunan pendapatan saat masa pandemi seperti sekarang ini, ikan tersebut dibeli oleh salah satu mahasiswa undip yang menjalankan program ini, lalu diolah menjadi "Lumpia Ikan Tenggiri ". Pendistribusian Lumpia ikan tenggiri ini dilakukan secara door to door maupun mendatangi masyarakat secara langsung bersama BRIMOB POLRI Resimen I dimulai pada pukul 13.00 WIB. Saat pendistribusian berlangsung,tak lupa pula masyarakat diberikan penjelasan mengenai kandungan gizi yang ada pada ikan, dan manfaat mengkonsumsi ikan yang mampu meningkatkan imunitas sehingga bagus untuk dikonsumsi selama pandemi. 

"Tetap jaga kesehatan,selalu menggunakan masker. Hukumnya wajib menggunakan masker! jangan pasrah, kesehatan tidak boleh pasrah. Tetap jaga jarak dan jangan lupa selalu makan ikan untuk meningkatkan imunitas" Ucap Ketua RW 05 Kapuk Muara

"Produk  lumpia ikan tenggiri ini untuk meningkatkan imunitas karena manfaat yang terkandung didalamnya terdapat Vitamin D yang berguna untuk membantu sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit,meningkatkan fungsi paru-paru dan menjaga kesehatan jantung. Apalagi untuk anak-anak bapak dan ibu,ikan ini sangat baik untuk perkembangan otak dan mata" Ujar Mun (Salah satu mahasiswa UNDIP yang melaksanakan Program ini). 

Harapannya dari program GEMAS (Gerakan Makan ikan untuk meningkatkan Imunitas) ini, dapat meningkatkan selera masyarakat untuk mengkonsumsi ikan sehingga memberikan pengaruh yang positif pada pengusaha ikan dan nelayan. Tingkat konsumsi ikan yang rendah akan mempengaruhi keberlangsungan dan kesejahteraan nelayan dan pengusaha ikan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x