Mohon tunggu...
Munawir Suprayogi
Munawir Suprayogi Mohon Tunggu... Blog Kampung Kramat

Bio

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sering Kehilangan Sandal Ketika Jumatan? 9 Tips Ini Bisa Lho Dicoba

2 Februari 2020   23:12 Diperbarui: 2 Februari 2020   23:08 243 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sering Kehilangan Sandal Ketika Jumatan? 9 Tips Ini Bisa Lho Dicoba
Gambar oleh Blog Kampung Kramat

Jum'atan adalah bahasa yang sering digunakan oleh orang jawa untuk menyebukat sholat jum'at. Sholat jum'at sendiri hukumnya wajib bagi muslim laki-laki yang sudah akil balig.

Sholat jum'at dilaksanakan pada hari jum'at sebagai pengganti sholat zduhur dan dilaksanakan secara berjama'ah di masjid. Berbeda dengan sholat zduhur, sholat jum'at dilakukan sebanyak dua raka'at dan diawali dengan khutbah.

Hukuman bagi muslim yang meninggalkan sholat jum'at secara tiga kali berturut adalah ditutupnya hatinya atas hidayah dari Allah SWT dan muslim tersebut bisa dikatakan sebagai orang munafik.

Berbanding terbalik mengenai kesakralan sholat jum'at bagi umat muslim, ternyata ada hal-hal yang selalu membuat para jamaahnya mengalami keresahan. Dan sampai saat ini keresahan tersebut menyangkut satu permasalahan yang tak kunjung selesai yaitu kehilangan sandal.

Sandal yang kini menjadi kebutuhan sehari-hari sebagai perlengkapan pakaian, karena tidak sebagai penghias badan semata. Namun pada saat umat muslim sudah melaksanakan sholat jum'at, begitu keluar dari masjid kebingungan mencari sandalnya dan ternyata sandalnya sudah raib entah kemana.

Oleh sebab itu kita sebagai orang yang waras dan berakal harus berusaha menghindar dari jeratan tipu daya pencuri-pencuri sandal yang biada*. Jangan sampai kekhusukan kita dalam beribadah hilang karena memikirkan sandal yang hilang. Biarlah sandal yang hilang daripada kekhusukan sholat kita yang hilang (tapi, kalau bisa ya jangan ada yang hilang).

Tentunya, jika kita pernah kehilangan sandal pada saat jum'atan, hati ini merasa sedih, kecewa, dan dongkol. Terkadang sebulan pun rasanya masih ada, apalagi sandal tersebut pemberian hadiah dari orang yang kita sayangi. Nah, kerasakan betapa kecewanya hati kita.

Dear : wahai pencuri-pencuri sandal di masjid, bertobatlah.

Nah, bagi kalian yang sering kehilangan sandal pada saat sholat jum'at, berikut ada cara-cara supaya sandal kalian aman. Oke cekedot.

1. Jangan pakai sandal yang mahal

Sandal yang mahal sangat rawan sekali jika dibawa untuk sholat jum'at. Menurut badan statistik persandalan yang ada di Jepang mencatat, kejadian hilangnya sandal yang mahal pada saat jum'atan di tahun 2019 mangalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya, yaitu sekitar 89%. 

Nah, belajar dari catatan tersebut tentunya kita harus lebih berhati-hati jika pada saat jum'atan membawa sandal yang mahal, kalau perlu ya g' usah bawa sandal yang mahal pada saat jum'atan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x