Mohon tunggu...
Muna Laya
Muna Laya Mohon Tunggu... Raising our voices
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

“All you have to do is write one true sentence. Write the truest sentence that you know.”

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Kabupaten Berau Fokus untuk Mengembangkan Industri Perikanan

10 Februari 2020   19:00 Diperbarui: 10 Februari 2020   18:54 21 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kabupaten Berau Fokus untuk Mengembangkan Industri Perikanan
Foto: Berau.prokal.co

Sektor perikanan merupakan industri yang memiliki potensi yang besar di kabupaten Berau. Sektor ini merupakan program pilihan pemkab Berau dan merupakan salah satu program unggulan mereka. Bupati Berau terus berupaya untuk meningkatkan jumlah hasil tangkapan ikan di kabupaten tersebut.

Menurut data yang diperoleh bupati Muharram, selama tahun 2017 produksi budidaya perikanan mencapai jumlah 2299, 22 ton dari target 2200, 83 ton. Selanjutnya, pada hasil tangkapan ikan mencapai 18.216 ton dari target yang ditetapkan yaitu 17.987 ton. Bupati optimis hasil tersebut dapat terus meningkat mengingat luasnya potensi lahan dan inovasi-inovasi para pelaku usaha.

Bupati menegaskan dinas perikanan harus lebih fokus dalam mengembangkan budidaya ikan di kabupaten tersebut. Ia juga menegaskan pentingnya perencanaan dalam industri ini sehingga ada produk yang bisa dihasilkan dan bernilai lebih. Jika itu terlaksana, para pengusaha pasti akan memiliki sumber pendapatan yang lebih besar. 

Kepala bidang budidaya perikanan Dinas perikanan Berau mengklaim pihaknya telah menjalankan beberapa program terkait pengembangan industri ini yaitu dengan menentukan tempat - tempat budidaya unggulan. Pemerintah juga menyatakan dukungannya kepada pembudidaya unggul dengan pemberian fasilitas penunjang usaha produksi mereka.

Tidak hanya itu, KKP juga menyatakan dukungannya terhadap pembudidaya tradisional melalui program revitalisasi tambak, yaitu dengan cara memaksimalkan lahan yang tersedia ketimbang membuka tambak baru dengan dampak lingkungan yang cukup signifikan.

Jaringan komunikasi merupakan permasalahan yang terus muncul setiap kali pemerintah melakukan pertemuan dengan warga di tempat terpencil dan banyak yang masih belum teratasi. Warga pedalaman dan tempat terpencil sering mengeluhkan sulitnya berkomunikasi dengan anggota keluarga di tempat lain maupun komunikasi untuk keperluan lainnya.

Beberapa wilayah di Kabupaten Berau masi belum terjangkau sinyal seluler khususnya di daerah pedalaman dan pesisir. Persoalan ini menarik perhatian Muharram selaku Bupati Kabupaten Berau.

VIDEO PILIHAN