Mohon tunggu...
Muna Laya
Muna Laya Mohon Tunggu... Raising our voices
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

“All you have to do is write one true sentence. Write the truest sentence that you know.”

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Bandeng Tanpa Duri, Produk Inovasi dari Kabupaten Berau

4 Februari 2020   19:30 Diperbarui: 4 Februari 2020   19:30 23 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bandeng Tanpa Duri, Produk Inovasi dari Kabupaten Berau
Bandeng tanpa duri dari Kabupaten Berau. Beritasatu.

Kabupaten Berau merupakan salah satu kawasan yang memiliki hutan bakau di Indonesia. Sebagai salah satu wilayah pesisir yang memiliki hutan bakau dengan luas lahan bakau tertinggi di Provinsi Kalimantan timur, pemerintah daerah mengupayakan pengembangan usaha berbasis hasil laut bagi masyarakat setempat tanpa harus merusak kawasan hutan tersebut.

Kampung Tabalar Muara yang terletak di Kabupaten Berau merupakan kawasan yang terletak di dalam Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Kepulauan Derawan dan Perairan Sekitarnya, kawasan ini memiliki keanekaragaman hayati tinggi dan merupakan jalur migrasi biota laut.

Kampung Tabalar Muara berhasil meluncurkan produk ikan bandeng tanpa duri yang merupakan kerjasama kemitraan antara Dinas Perikanan Kabupaten Berau, Yayasan Konservasi Alam Nusantara, SIGAP Sejahtera, serta Tropical Forest Conservation Act. Produk ini berhasil diluncurkan saat peringatan Hari Ikan Nasional ke-6 yang diselenggarakan di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Berau.

Produk bandeng tanpa duri merupakan bagian dari program Ikanku Fresh yang dikembangkan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Berau. Hasil olahan produk bandeng tanpa duri dari Kampung Tabalar Muara merupakan pionir untuk jenis produk olahan berbahan baku ikan.

Bupati Muharram menyatakan dukungan dalam program tersebut. Ia berharap agar produk bandeng tanpa duri dapat menginspirasi kampung-kampung lain yang ada di Kabupaten Berau untuk menciptakan produk sesuai potensi yang ada.

VIDEO PILIHAN