Mohon tunggu...
muna dl
muna dl Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Budidaya Belut yang Menguntungkan Pada Kolam Drum

29 Juli 2015   09:41 Diperbarui: 11 Agustus 2015   21:45 542 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Budidaya belut dengan air bersih,dinegara kita kaya akan hewan dan tumbuhannya.Mayoritas penduduk indonesia bekerja sebagai peternak dan petani.Untuik peternakan banyak jenis ternak yang dapat dilakukan seperti ternak ruminansia,ternak ayam,dan ternak ikan.Untuk ikan yang akan dibahas kali ini ialah ikan jenis belut.Belut dapat dibudidayakan pada berbagai macam jenis kolam,baik itu kolam alam hoingga kolam buatan.Banyak orang yang menyukai masakan dari belut,karena rasanya yang enak dan banyak orany yang memburu belut untuk dijadikan masakan yang lezat.Hal tersebut membuat permintaan dipasaran untuk hewan belut banyak dan meningkat.Jika permintaan untuk belut dipasaran meningkat,maka kita dapat membuka bisnis dengan cara melakukan budiday belut.Hal tersebut dapat kita lakukan karena unruk persaingan pasar masihlah sedikit dan untuk permintaan semakin meningkat.Untuk melakukan budidaya belut saat ini tidaklah terlaul rumit,untuk media yang digunakanpun tidaklah sulit.Sekarang kita dapat memakai media dari drum atau bak tanpa memakai kolam aslinya.Untuk hasil ahirnya juga tidak berbeda dengan media lain bahkan hasilnya lebih memuaskan.

Budidaya belut dengan memakai media drum banyak dilakukan sebab hasil ahirnya menguntungkan.Selain itu kita dapat lebih menghemat biaya yang dikeluarkan,sebab pembuatan media mudah dan harganya tidak terlalu mahal.Apabila kita memakai jenis kolam yang lain seperti dari beton,kolam tanah,dan yang lain.Kolam tersebut membutuhkan biaya yang banyak dan membutuhkan lokasi yang luas.Hanya saja cara beternaknya hampir sama dan yang membedakan hanya tempat yang dipakai.Apabila media hidup yang dipaki cocok,maka belut akan mudah untuk tumbuh dan berkembang biak.Banyak media hidup yang dapat digunakan untuk media hidupnya seperti jerami,lumpur,pupuktsp,kompos,dan mikroorganisme,yang semua nantinya dicampur menjadi satu.Cara pengaturan kolamnya mulai dari bagian dasar kolam dengan lapisan jerami setebal 50 cm,kemudian diatasnya disiran dengan cairan mikroorgaisme stater,setelah itu kompos dapat ditambahkan diatasnya setinggi 5cm.Setelah itu yang terahir pada paling atas diberi lumpur kering dengan tebal 25 cm dengan dicampur pupuk tsp sebelumnya.

Supaya hasilnya nanti memuaskan dan sukses mulai dari awal pembenihan hingga pembesaran dan panen. Kita perlu mengetahui apa yang menyebabkan belut banyak yang hidup. Terutama ialah pakan yang diberikan, jika pakan yang diberikan mencukupi belut pastinya akan tumbuh maksimal dan tidak akan terhambat bahkan mati. Jenis pakan yang dapat diberikan diantaranya seperti ikan cetol,cacing,belatung,bekicot,dan lainnya. Untuk pakan diberikan paling sedikit satu kali sehari biasanya pada waktu sore.Untuk penambah nafsu makandapat diberikan temulawak dengan mencampuri air.Untuk memacu pertumbuhan belut dapat diberikan pakan tambahan dari pelet ikan.Pelet diberikan hanya untuk pakan selingan saja supaya pertumbuhannya cepat.

 

Sumber:

Budidaya belut engan air bersih

Cara budidaya belut pada kolam drum

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan