Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online Tanya Jawab Seputar Info Guru

Berbagi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Guru Wajib Verifikasi Akun PTK Sampai Oktober 2020

25 Juli 2020   23:35 Diperbarui: 25 Juli 2020   23:57 3717 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Guru Wajib Verifikasi Akun PTK Sampai Oktober 2020
Sumber : https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Memulai Tahun pelajaran 2020/2021 ini memang belum ada pelajaran tatap muka, akan tetapi tahun pelajaran sudah dimulai. Ada yang daring dan dengan berbagai cara agar siswa masih bisa belajar walaupun dirumah. Hal yang menjadi rutin setiap semester adalah pembaharuan data sekolah mulai dari guru, siswa dan sarana prasarana melalui aplikasi Dapodik.

Setiap lembaga yang terdaftar dibawah naungan Kemdikbud wajib instal Aplikasi Dapodik versi 2021 untuk sinkron data terbaru. Ada yang baru saat ini yaitu setiap admin dan guru wajib verifikasi akun ptk masing-masing sesuai pengumuman pada laman kemdikbud. Verifikasi ini akan dilakukan sampai 31 Oktober 2020, jika sampai batas ini tidak melakukan verifikasi maka akun tersebut akan dihapus.

Ada tiga alamat website yang disediakan untuk verifikasi akun yaitu akun admin Dinas, akun operator sekolah dan akun operator guru atau PTK. Untuk bisa verifikasi akun PTK syaratnya adalah emailnya harus aktif dan bisa dibuka untuk mengambil kode verifikasi yang dikirim lewat email. Seperti saya sendiri yang sudah lakukan verifikasi. Kita login akun ptk melalui alamat yang sudah disediakan yaitu GTK akan muncul verifikasi akun, pilih lanjutkan dan sistem mengirim kode verifikasi. Kita buka email kita yang sudah terdaftar tadi dan kita ambil kodenya lalu kita masukan dan oilih verifikasi dan selesai. Cukup mudah sebenarnya akan tetapi kadang jaringan internet kita jika lemah maka loadingnya sedikit susah.

Bapak dan ibu guru pastikan akun ptk anda verifikasi sampai batas yang ditentukannyaitu 31 Desember 2020 agar tidak dihapus. Pilih waktu yang longgar untuk bisa loading dengan mudah misalnya setelah shalat shubuh.

VIDEO PILIHAN