Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online Tanya Jawab Seputar Info Guru

Berbagi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Respons Guru terhadap Pidato Mendikbud

28 November 2019   03:33 Diperbarui: 28 November 2019   03:37 161 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Respons Guru terhadap Pidato Mendikbud
Pembacaan Pidato Mendikbud Hari Guru (dok pribadi)

Pidato Mendikbud Pak Nadiem dibacakan serentak pada hari guru oleh Pembina Upacara pada Hari Guru. Begitu menyentuh dan mengena hati guru, seakan-akan pidato Pak Nadiem ini menjawab semua apa yang menjadi kegalauan guru.

Tentang administrasi yang membebani dan tentang kemerdekaan belajar memang menjadi masalah yang menjadi topik guru selama ini dan pak Nadiem menjawab semua dalam pidatonya. Seakan guru akan langsung merdeka dengan kebebasan administrasi dan belajar.

Respon guru berbeda-beda sampai saat ini pada pidato pak Mendikbud baru ini. Administrasi yang bagaimana yang akan dibuat menjadi simpel. Apakah administrasi tentang belajar, administrasi laporan guru. Banyak memang laporan administrasi guru baik online maupum manual.

Misalnya guru membuat Rencans Pelaksanaan Pembelajaran, evaluasi dan penilaian serta Raport akhir semester. Administrasi demikian tadi ada yang manual dan juga harus online. Memang laporan tadi guru bekerja dua kali dan isinya sama. Yang jadi pertanyaan guru mengapa ada manual dan online?

Belum lagi laporan administrasi individu pada sistem ofline maupun online yang isinya itu-itu saja, inilah yang membuat guru terkadang mengeluh pekerjaan dua kali dengan isi yang sama. Belum lagi waktu pelatihan yang jadwalnya benturan dengan belajar mengajar, yang seakan tidak terjadwal dengan rapi.

Guru seharusnya kan fokus terhadap siswa untuk pembelajarannya agar dapat meningkatkan prestasi siswa. Dari pidato pak Nadiem ini seharusnya ada poin-poin apa saja yang harus melangkah kita sebagai guru, dan kita guru menunggu itu pak Nadiem.

Pidato pak Nadiem memang begitu hebat dan bisa menaklukan hati guru untuk cinta pak Nadiem, tapi berikan kejelasannya yang bisa dilakukan guru perubahan kecil itu apa, karena guru menunggu instruksi yang jelas dari pak Mendikbud Nadiem.

Semoga diawali pidato bapak ini menjadi sebuah harapan guru yang terwujud untuk bisa fokus dan tenang dalam mengajar, tidak dibayangi laporan administrasi yang menumpuk setiap harinya. Memang betul guru yang tahu keadaan siswa akan yetapi guru juga butuh kejelasan dari atasannya yaitu pak Mendikbud  saat ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x