Mohon tunggu...
Gigih Mulyono
Gigih Mulyono Mohon Tunggu... Peminat Musik

Wiraswasta. Intgr, mulypom2

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Kanada dan Alaska di Musim Gugur, Catatan Perjalanan 14

10 Oktober 2019   09:35 Diperbarui: 10 Oktober 2019   09:37 0 2 1 Mohon Tunggu...
Kanada dan Alaska di Musim Gugur, Catatan Perjalanan 14
Icefield, Rocky Canada. Dokpri

3.5. Columbia Icefield

Padang Es yang mulai terbentuk sejak ribuan tahun lalu itu putih, luas membentang dihadapan kami.

Dengan tebal Es 100 meter hingga 300 meter menghunjam ke perut Bumi. Padang ini sejatinya sangat luas, terhampar di bagian Banff dan Jasper National Park. Kami berada di salah satu bagiannya. Di Jasper NP.

Padang Es terluas di Kanada menjadi tujuan wisata seperti saat ini, melalui proses penemuan bertahap dan berkali-kali. Oleh tim dan  beberapa peneliti juga para petualang.

Penemuan spektakuler yang kemudian dicatat, dipetakan. Dan kini sebagian dibuka untuk destinasi wisata.

Columbia Icefield adalah ikon wisata Kanada di Rocky Mountain area. Top ranking dalam jumlah kunjungan setiap tahunnya.

Icefield terbentuk, dari pasokan Salju  dari enam Glacier besar. Salju jutaan kubik mengalir sepanjang tahun, mengisi lembah dalam. Membeku, dan sang waktu sebagai saksi butiran butiran Salju menjelma menjadi Padang Es  sangat luas. Sekeras batu.

Saat penjelajah Inggris dan teman temannya tahun 1898 menemukan padang es ini pada suatu malam hari yang cerah. J Collie pimpinannya menuliskan ketakjubannya sbb,

pemandangan menghampar putih dalam temaram Cahaya malam di depan kami adalah panorama langka yang jarang ditemui. Bahkan oleh para pendaki Gunung sekalipun. Hamparan putih luas dikelilingi puncak puncak Gunung tak bernama. Sungguh, keindahan dalam sunyi ini tak terbandingkan. Di hadapan kami adalah dunia baru, langka. Yang mungkin belum pernah dilihat manusia. Thanks God for this moment.

Kini kami para pelancong Nusantara berada disini, seratus dua puluh  tahun lebih sejak penemuan oleh petualang Inggris. Siap menjelajah bagian padang Es unik itu. Tidak berjalan kaki, tetapi dengan menumpang kendaraan khusus Es, Snowcoaching. Atau Ice Explorer.

Columbia Icefield. Dokpri
Columbia Icefield. Dokpri
Siang itu, dari pangkalan utama kami mengantri Bus khusus. Akan membawa ke terminal kendaraan Ice Explorer. Captain Jack, sopir Bus remaja bule itu menjelaskan selintas tentang Ice Field. Sembari nge joke, kocak terkendali.Sampai di terminal, lady Marvel remaja cewek bule driver Ice Explorer menyambut ramah. Kami naik kendaraan raksasa ini dengan tangga kecil.

Snowcoaching atau Ice Explorer adalah kendaraan tidak biasa. Penampakaannya tidak lazim, layaknya kendaraan research luar angkasa. Atau mirip Tank perang gurun pasir.

Didominasi warna merah dengan lambang daun Maple berlatar putih ditengahnya. Beroda enam, sepasang di depan dan dua pasang di belakang. Masing masing roda tingginya sekitar satu setengah meter. Hampir setinggi rata rata orang Kita. Konon harga satu roda berkisar setara dengan lima puluh juta rupiah. Satu Snowcoach ditopang ban ban senilai tiga ratus juta perak.

Icefield. Dokpri
Icefield. Dokpri
Kendaraan berkapasitas empat puluh tempat duduk itu membawa kami. Merayap pelan, bak monster melata di jalan padas dan Es licin.Lady Marvel terampil mengendalikan monster ini. Mendebarkan ketika miring turun pelan, di jalan curam tiga puluh derajat.

Monster menggeram, melindas jalanan Es lembut. Berhenti di ujung Padang berjejeran, parkir dengan Explorer yang lain. Kami turun menapak Padang Es Columbia sekeras batu. Berhamburan, Eforia dalam suhu nol derajat.

Jaket warna warni berseliweran membungkus tubuh tubuh menggigil. Awak membuka Jaket, Surjan Yogya Kembang kembang model Agung Sedayu menjadi kostum berfoto foto. Bergaya gaya kekanakan.Tak sampai lima menit.

Beberapa pengunjung mengeluarkan botol minum kosong. Menangguk air nan dingin jernih dari aliran aliran kecil di Padang. Air sangat murni, dipercaya membuat sehat bila diminum.

Icefield. Dokpri
Icefield. Dokpri
Awak mencelupkan kedua telapak tangan di aliran. Dinginnya menyengat tajam. Kemudian mengusapkan telapak ke wajah dan tengkuk. Pura pura percaya kalau usapan air itu bakal membikin awet muda.

Sekitar dua puluh menit kami berada di Padang itu. Di kejauhan Lady Marvel berteriak teriak memanggil. Sudah waktunya kami harus kembali ke pangkakan.

img-20190908-140743-3-compress79-5d9e98900d8230381a7bb6b2.jpg
img-20190908-140743-3-compress79-5d9e98900d8230381a7bb6b2.jpg
img-20190908-130801-2-compress14-5d9e99ae097f3658eb13eea2.jpg
img-20190908-130801-2-compress14-5d9e99ae097f3658eb13eea2.jpg
Icefield. Dokpri
Icefield. Dokpri
Kembali ke pangkalan utama. Makan siang disitu. Sejenak bersantai di pelataran terbuka lantai atas. Sembari minum Es Krim rasa Coklat yang meleleh manis di tenggorokan. Di hadapan kami adalah Gunung gunung menjulang. Padang Es menghampar. 

Juga Ngarai perdu dengan dedaunan hijau kuning memerah penanda musim gugur. Jembatan panjang bercat hijau adalah aksen dari panorama permai. Keindahan ini menghunjam, Alhamdulillah. Hayoo nikmat apalagi yang akan kau dustakan?   

Icefield. Dokpri
Icefield. Dokpri
             bersambung