Mohon tunggu...
MULYATI
MULYATI Mohon Tunggu... ASN

menulis adalah menciptakan ruang untuk mencurahkan segala ekspresi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kuliahlah Sesuai Passionmu!

14 Juni 2019   10:49 Diperbarui: 14 Juni 2019   11:16 0 0 0 Mohon Tunggu...

Bulan Juni tentu identik dengan masa-masa pencarian perguruan tinggi. Berbagai drama dan story dialami oleh setiap calon mahasiswa. 

Ada yang sudah dengan mantap menautkan hati pada salah satu perguruan tinggi impiannya sehingga belajar mati-matian dilakoni demi meraih impian tersebut. Ada yang sudah diterima di sebuah perguruan tinggi yang diinginkan oleh orang tua dan keluarga. Namun ada pula yang masih pusing, galau tak tentu arah lantaran belum ketemu jodoh perguruan tinggi. 

Mereka yang masih galau dan gak tahu arah akan kemana melangkah biasanya dialami oleh siswa-siswa yang selama sekolahnya santai dan kurang mempunyai cita-cita yang fokus. 

Sehingga kurang mempersiapkan diri untuk masuk perguruan tinggi. Apalagi jika kemampuan akademik pas-pasan, tes sana sini ditolak. Tentu hal ini sangat meresahkan tidak hanya diri sendiri namun juga orang tua. 

Akan tetapi jangan pernah berkecil hati wahai para calon mahasiswa yang manis. Masih ada waktu untuk menyamakan langkah dengan mereka yang sudah memantapkan hati. 

Bukannya kita ditakdirkan memiliki jalan yang memang berbeda-beda? Percaya saja pada perbahasa yang berbunyi ada banyak jalan menuju roma. Nah untuk kalian yang belum mendapatkan kursi perguruan tinggi sebaiknya perhatikan tips memilih jurusan kuliah berikut ini. 

Tidak bermaksud untuk menggurui, nhanya sekedar sharing pengalaman penulis dan beberapa teman. Penulis prihatin dan ingin sekali berbagi agar adek-adek calon mahasiswa tidak salah memilih jurusan. Bagaimanapun, jurusan kuliah akan menentukan hidup kita ke depannya. Oleh karena itu harus diperhatikan dengan baik. 

Hal  yang mesti dilakukan adalah menemukan passion apa yang kalian miliki. Jika kalian sampai hari ini belum tahu passionnya maka mari dikulik lebih dalam, tanyakan kepada diri kalian sebenarnya apa yang hati kalian inginkan. 

Passion menjadi hal utama yang mesti dipertimbangkan karena hal ini berkaitan dengan kemampuan yang pada akhirnya kelak akan menjadi Profesi. 

Mempelajari ilmu yang sesuai dengan passion akan jauh lebih mudah terserap otak karena kalian bakal bahagia dan ikhlas ngejalaninya. Bukankah kalian juga tahu, bahagia membuat belajar seberat apa pun akan tetap menyenangkan. Anggap saja sedang melakukan hobi kalian. Tentu menyenangkan bukan? 

Kuliah sesuai hobi dan passion akan membuat kalian bisa survive dalam menghadapi setiap tantangan. Karena kalian akan mempunyai banyak inovasi dan jalan tersendiri dengan ilmu yang kalian miliki. Misalnya saja passion kalian dengan IT, hobi internt an maka penulis sarankan yakinkan diri untuk mengambil jurusan IT. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN