MULYATI
MULYATI Sarjana Pendidikan

menulis adalah menciptakan ruang untuk mencurahkan segala ekspresi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Lindungi Anak dan Perempuan

9 Maret 2018   08:36 Diperbarui: 9 Maret 2018   08:58 257 2 1

Maraknya kasus pelecehan seksual terhadap anak dan perempuan di berbagai daerah di tanah air sangat meresahkan masyarakat. Masyarakat merasa tidak aman, terancam dan tertekan dengan tindakan criminal tersebut. Terutama bagi mereka yang beraktivitas di luar. Musibah itu bisa tiba kapan saja.Bahkan kejahatan itu telah merambah ke semua lapisan masyarakat dari kelas atas, menengah maupun bawah.

            Pelecehan seksual maupun tindakan asusila lainnya sangat mengganggu dalam kehidupan masyarakat kita, khususnya bagi anak-anak dan perempuan. Bahkan bagi anak-anak yang seharusnya bisa menikmati masa perkembangan dengan baik justru dihantui ketakutan akan adanya kejahatan tersebut. Tentunya hal ini akan sangat berdampak kurang baik dalam pengoptimalan masa pertumbuhan dan perkembangan mereka.

            Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Merekalah yang akan membawa masa depan bangsa Indonesia. Begitu pula bagi seorang perempuan. Perempuan sangat bermakna dan berjasa bagi kemajuan suatu bangsa. Karena dialah ibu sekaligus pendidik bagi calon generasi bangsa tercinta ini. Rasa aman, terlindungi dan merdeka menjadi modal utama bagi mereka untuk bisa menjadi ibu dan pendidik yang baik bagi keturunannya. Bukankah di belakang setiap seorang Laki-laki yang hebat selalu ada perempuan yang hebat pula?

            Anak dan perempuan adalah asset besar bagi bangsa ini. Modal utama dalam usaha memajukan kehidupan bangsa. Bahkan seorang ahli berpendapat bahwa "Kemajuan suatu bangsa 20 tahun yang akan datang, bisa dilihat dari keadaan perempuan saat ini". Artinya perempuan mempunyai peran besar. Melindungi anak dan perempuan dari berbagai bentuk kejahatan seksual berarti usaha untuk ikut serta menentukan kemajuan bangsa kita ini.

Purworejo, 9 Maret 2018