Mutu tidak berada pada satu titik dan tidak memiliki titik. Quality is a never ending road. Mutu adalah jalan tak berujung. Upaya mewujudkan mutu tidak akan pernah berakhir. Apa yang dianggap baik hari ini mungkin menjadi tidak baik esok. Apa yang dipersepsikan baik oleh pelanggan hari ini mungkin tidak dipersepsikan demikian pada masa mendatang. Kebutuhan manusia terus berubah, persyaratan berubah, ekspektasi berubah dan persepsi pelangganpun terus berubah. Mutu mengikuti perubahan. Manajemen mutu adalah manajemen perubahan. Dalam konteks pelanggan perubahan terus terjadi mengikuti kebutuhan, persyaratan, ekspektasi dan persepsi.
Sertifikasi adalah awal dari suatu perjalanan panjang. Perusahaan beralih dari kondisi serba tidak teratur kemudian menjadi serba teratur. Kemudian beranjak lagi menuju tahap efektivitas. Pada tahap ini perusahaan ingin memastikan pencapaian sasaran-sasaran normatif yang telah ditetapkan. Baru tahap berikutnya adalah mengejar prestasi yg lebih besar dimana perusahaan mencari inovatif kreatif. In search for creative innovation.
Untuk itu perusahaan perlu terus memacu semangat seluruh personil organisasi agar tidak pernah kendur apalagi berhenti menjalankan komitmen mutu yang telah dirintis.
Info Training ISO 9001, 14001 dan OHSAS 18001 kunjungi website : www.multikompetensi.com
info training : Training ISO 9001
Sumber : "101 Kesalahan Konsepsi Pengembangan & Implementasi SIstem Manajemen Mutu Standar Internasional ISO 9001" oleh Willy Susilo